Home Berita Peristiwa Nasional Kriminal Laka Pendidikan Pertanian Kabar warga Wisata Sitemaps Privacy policy About as
Facebook  Twitter  Instagram  Youtube

Tuesday, March 23, 2021

Kecamatan Kare Paling Berhasil Atasi Covid-19, 50 Hari Lebih Berada di Zona Hijau Sejak PPKM Diterapkan

Satgas Covid-19 Kecamatan Kare terus lakukan pencegahan penyebaran virus Covid-19 secara tegas dan humanis kepada warga masyarakat. 
Gemawilis -
Kecamatan Kare menjadi wilayah pertama dan satu-satunya yang berhasil menanggulangi pandemi Covid-19 sejak diterapkannya PPKM di Kabupaten Madiun. Meski wilayah lainnya seperti Kecamatan Gemarang dan Wonoasri sempat beberapa kali masuk zona hijau namun kategori tesebut tidak seperti yang di alami oleh Kecamatan Kare.

Jika mengacu pada data yang dirilis Pemerintah Kabupaten Madiun di laman resminya madiunkab.go.id maupun data yang diungah di media sosial Facebook (FB) resminya, wilayah Kecamatan Kare tercatat menjadi satu-satunya zona hijau pertama dan terpanjang sejauh ini.

Catatan dan pantauan Gemawilis, wilayah Kecamatan Kare pertama kali masuk dalam kategori zona hijau sejak tanggal tanggal 14 Februari 2021 sekaligus menjadi wilayah pertama zona hijau di Kabupaten Madiun sejak diberlakukannya PPKM dan atau PPKM Skala Mikro. Hingga sekarang, per tanggal 23 Maret 2021, Kecamatan Kare menyandang zona hijau selama 52 hari.
Data penyebaran virus Covid-19 Kabupaten Madiun, per tanggal 22 Maret 2021.
Hal tersebut menurut Camat Kare Tarnu Ashidiq, M.Si, tak lepas dari kerja keras Satuan Gugus Tugas (Satgas) Covid-19 Kecamatan Kare yang selama ini terus berusaha mempertahankan zona hijau tersebut. Disamping itu menurutnya karena kesadaran warga masyarakat yang selama ini sangat baik dalam kebersamaan bergotong royong.

"Peran warga masyarakat disini sangat penting, terus ditambah kerja keras jajaran Muspika yang setiap saat dan tak hentinya selalu hadir ditengah masyarakat untuk mendampingi warga dalam sosialisasi terkait Prokes, "ungkap Wakil Ketua ISNU Jawa Timur itu. Selasa (23/3/2021).

Hal penting lainnya menurut Camat Kare selain Satgas Covid-19 adalah peran dari Kepala Desa di masing-masing wilayah yang selama ini juga terus melakukan upaya pencegahan yang sangat baik.

Ketegasan Satgas dalam melakukan pendekatan secara humanis juga menjadi salah satu kunci utama dalam penanganan Covid-19 di wilayahnya. Sehingga warga masyarakat merasa senang dan memahami apa yang disampaikan atau saat diingatkan oleh petugas.

"Alhamdulillah, kerja keras kami membuahkan hasil. Satgas Covid-19 Kecamatan Kare terus berupaya bersama-sama dalam melakukan pencegahan. Sinergitas kami sangat baik, dari tingkat Muspika, TNI-Polri, Satgas Covid-19 maupun hingga ke tingkat desa hingga RT terus bergerak, "ungkap Alumni Program Pasca Sarjana Unair Surabaya itu.

Sehingga, lanjut Tarnu Ashidiq, dalam penanganan penyebaran virus Covid-19 di wilayah kami hampir tak ada celah. Warga kita beri pemahaman secara humanis hingga ke kampung-kampung sehingga pemahaman tentang virus ini bisa sampai kepada mereka, "lanjutnya.

Camat Kare berpesan, meski saat ini Kecamatan Kare menjadi satu-satunya zona hijau di Kabupaten Madiun, namun masyarakat tetap dihimbau senantiasa untuk terus meningkatkan kewaspadaan terutama saat beraktivitas diluar rumah yang ada potensi penularan. "Hijau bukan berarti aman, warga harus tetap hati-hati dengan menaati protokol kesehatan, "pungkas Tarnu Ashidiq. (Tjr/gw)

BERITA TERKAIT