Home Berita Peristiwa Nasional Kriminal Laka Pendidikan Pertanian Kabar warga Wisata Sitemaps Privacy policy About
 

Wednesday, March 10, 2021

Giat Mitigasi Bencana, BKPH Wilis Utara, TNI-Polri dan Warga Desa Ngranget Dagangan Tanam Bibit Pohon di Lahan Kritis

Selamatkan sumber mata air BKPH Wilis Utara,
TNI-Polri, dan warga tanam bibit pohon di lahan kritis.
Gemawilis/Berita - 
Cegah terjadinya bencana alam pada kawasan hutan sekaligus peduli sumber mata air,
Bagian Kesatuan Pemangku Hutan (BKPH) Wilis Utara bersama TNI-Polri, Forum Koordinasi Pimpinan Kecamatan (Forkopimcam), Lembaga Masyarakat Desa Hutan (LMDH) melaksanakan giat penanaman bibit pohon di wilayah Kecamatan Dagangan Madiun. Rabu (10/3/2021) pagi.

Giat penanaman bibit pohon jenis Pucung sebanyak 500 plances dan Salam 500 plances untuk mencegahan dan mitigasi bencana terebut dilakukan di wilayah BKPH Wilis Utara masuk Dusun Nganggrik Desa Ngranget Kecamatan Dagangan Kabupaten Madiun.

Asisten Perhutani (asper) BKPH Wilis Utara, Puguh Yudhi Prasetyawan mengatakan kegiatan penanaman dilakukan sebagian di lahan milik Perhutani dan sebagian di lahan milik warga yang sudah kelihatan kritis. 

"Penanaman dilakukan di lahan Perhutani dan sebagian di lahan milik warga yang kelihatan kritis dengan harapan bencana-bencana seperti ditempat lain tidak tejadi di daerah sini. Selain itu penanaman pohon ini juga untuk melindungi sumber mata air sehingga pada saat musim kemarau warga masyarakat tidak kesulitan air, "kata Puguh Yudhi Prasetyawan.

Lebih lanjut Asper Wilis Utara itu juga mengucapkan terima kasih kepada jajaran Polsek Dagangan, Danramil Dagangan, dan semua warga masyarakat yang sudah ikut mendukung kegiatan, serta kepada Pak Tomo selaku tokoh masyarakat yang sudah peduli dengan menyumbangkan bibit pohon tesebut.

"Terima kasih Pak Kapolsek, Pak Danramil, serta Kepala Desa Ngranget lewat Kepala Dusun (Kadus) Nganggrik yang sudah berinisiatif untuk mengajak warga untuk menanam pohon di tempat-tempat mata air dan kawasan kritis, dan terutama kepada Pak Tomo yang sudah memberi bibit pohon, "ungkapnya.

Sementara itu, Kapolsek Dagangan AKP Bambang Murjono, yang turun langsung dalam giat mitigasi mengatakan dengan adanya kesadaran masyarakat itu pihaknya sangat apresiasi sekali. "Kegiatan ini bentuk kepedulian Polri khususnya Polsek Dagangan untuk menjaga kelestarian lingkungan dan mencegah terjadinya bencana alam. Kita pilih Desa Nranget karena desa ini menjadi salah satu dari 5 desa yang berada di wilayah lereng gunung wilis. Nantinya semua Desa akan kita adakan penanaman pohon guna antisipasi bencana alam, "ujar Kapolsek.

Hal senada juga dikatakan oleh Danramil 0803/14 Dagangan. "Koramil sangat mendukung sepenuhnya program penghijauan ini karena hutan lindung itu sumber mata air dan mata air untuk sumber kehidupan seluruh masyarakat jadi kita harus sama-sama menjaga kelestarian hutan untuk anak cucu kita, "ucap Danramil Dagangan.
Giat mitigasi dilakukan dengan Prokes ketat dibawah
pantauan jajaran Polsek dan Koramil Dagangan Madiun.
Karena pandemi Covid-19 masih belum berakhir, giat mitigasi dan penghijauan penanaman pohon yang diikuti sekitar 50 orang tersebut dilakukan dengan mengedepankan protokol kesehatan yang telah ditetapkan, yakni semua peserta wajib memakai masker dan menjaga jarak.

Sementara, Kadus Nganggrik, Pujud, mengaku awal gagasan penanaman pohon itu berawal dari keluhan warga yang selama ini kekurangan air jika pada musim kemarau datang. Sehingga warga sepakat untuk melakukan penanaman bibit pohon di sejumlah tempat mata air dan lahan kritis bersama pihak Perhutani BKPH Wilis Utara.

"Ini atas kesadaran masyarakat karena merasa kurang air jika musim kemarau. Tapi ini sudah empat tahun mulai membaik karena warga setiap musim tanam selalu melakukan penghijauan dengan menanam bibit pohon di daerah sumber mata air dan lahan kritis, "ungkap Kadus Nganggrik. (Tim/gw)

Topik Lain