Home Berita Peristiwa Nasional Kriminal Laka Pendidikan Pertanian Kabar warga Wisata Sitemaps Privacy policy About as
Facebook  Twitter  Instagram  Youtube

Friday, March 26, 2021

Diduga Terlibat Korupsi, Rumah dan Kantor Kepala Desa di Madiun Digeledah Polisi

Diduga terlibat korupsi rumah dan kantor desa kepala desa kaligunting digeledah unit tipikor polres madiun (fot: istimewa)
Gemawilis -
Rumah Kepala Desa (Kades) dan Kantor Desa Kaligunting, Kecamatan Mejayan Kabupaten Madiun, digeledah aparat Satreskrim Polres Madiun. Kamis (25/3/2021).

Penggeledahan yang dilakulan oleh penyidik unit Pidana Korupsi (Tipikor) satuan Reserse Kriminal Polres Madiun tesebut berkaitan dengan dugaan kasus korupsi pengelolaan dana APBDes Desa Kaligunting sejak tahun 2016, yang diduga melibatkan Kades Kaligunting, Nur Amin. 

Kasatreskrim Polres Madiun, AKP Aldo Febrianto, mengatakan penggeledahan dilakukan untuk melengkapi alat bukti. "Barang bukti berupa dokumen SPJ tahun 2016 hingga 2019 terkait kasus dugaan korupsi masih ada di Kantor Desa Kaligunting, "ujarnya.

Dalam kasus tersebut kata Aldo, penyidik telah memeriksa saksi sebanyak 35 orang. Namun pihaknya belum memanggil dan memeriksa Kades Kaligunting. "Kades belum diperiksa, nanti akan kami periksa. Pemeriksaan dilakukan urut dari bawah dulu, "kata Aldo.

Sejauh ini, kasus dugaan korupsi pengelolaan dana APBDes Desa Kaligunting tesebut, sudah naik dari tahap penyelidikan menjadi penyidikan. Namun petugas belum menetapkan tersangka.

Kasatreskrim mengatakan pihaknya baru akan menetapkan tersangka setelah menerima hasil audit terkait kerugian negara dari Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) serta Inspektorat Kabupaten Madiun. Nantinya dari hasil audit tersebut, berapa kerugian negara dan modusnya bisa diketahui.

Sementara, Kades Kaligunting, Nur Amin, mengatakan dirinya akan mengikuti proses sesuai prosedur yang berlaku dan telah menyerahkan persoalan tersebut kepada pengacaranya. “Kami akan mengikuti prosesnya sesuai prosedur. Maaf ya, lebih lengkap langsung dengan PH saya saja, "katanya singkat.

Dari penggeledahan itu petugas unit Tipikor Polres Madiun berhasil menyita sejumlah berkas administrasi APBDes tahun 2016 hingga 2019 untuk dijadikan alat barang bukti. (Tim/gw)