Home Berita Peristiwa Nasional Kriminal Laka Pendidikan Pertanian Kabar warga Wisata Sitemaps Privacy policy About as
Facebook  Twitter  Instagram  Youtube

Monday, March 01, 2021

Daun Bidara Banyak Manfaat, dari Asam Lambung Hingga Perkuat Daya Tubuh

Gambar tumbuhan bidara (fot: istimewa).
Gemawilis/Kesehatan - 
tumbuhan yang disediakan oleh alam yang bermanfaat untuk banyak hal terutama kesehatan. Dari berbagai tumbuhan yang tumbuh dan yang bermanfaat untuk manusia salah satunya adalah Bidara.


Tumbuhan Bidara merupakan sejenis pohon kecil yang menghasilkan buah berwarna hijau. Bidara berdaun kecil-kecil, atau nama latinnya Ziziphus Mauritiana. Pada umumnya bidara sering tumbuh di daerah kering.

Manfaat bidara tak hanya ada pada buahnya saja, mamun bagian daunnya juga dipercaya mempunyai banyak manfaat untuk kesehatan dalam membantu menyembuhkan berbagai penyakit.

Dengan cara dicuci kemudian direbus, daun bidara bisa menjadi jamu herbal yang mempunyai banyak manfaat. Berikut beberapa khasiat yang ada pada daun bidara.

1. Menyembuhkan Luka
Karena daun bidara mengandung banyak senyawa yang bersifat anti-inflamasi, maka didalamnya akan mendukung proses regenerasi sel. Sehingga daun bidara bermanfaat dalam mempercepat proses penyembuhan luka.

Sifat daun bidara adalah anti-bakteri yang bisa mencegah terjadinya infeksi pada luka. Selain itu, daun bidara juga kaya dengan kandungan senyawa glikosida. Senyawa ini mampu membantu menghilangkan bekas luka bakar maupun luka gores.

2. Insomnia
Bagi yang mempunyai masalah dalam pola tidur, daun bidara juga bermanfaat untuk memperbaiki hal tersebut karena dapat membantu mengurangi insomnia. Manfaat itu diperoleh dari kandungan saponin yang ada pada daun bidara.

Saponin adalah sejenis senyawa yang dapat memberikan efek penenang dan banyak ditemukan pada beberapa tanaman. Selain itu, dalam daun bidara juga ditemukan senyawa bioaktif lainnya yakni flavonoid yang dapat meningkatkan waktu yang dihabiskan dalam tidur gelombang lambat.

3. Asam Lambung
Mengonsumsi rebusan daun bidara secara rutin, juga dipercaya dapat menyembuhkan sakit maag dan asam lambung. Bermanfaat dalam membantu pencernaan dan juga membantu mengobati tukak lambung.

4. Mengurangi Jerawat
Jika dijadikan masker pada wajah atau bagian tubuh yang lainnya dengan cara ditumbuk halus, daun bidara juga mempunyai manfaat untuk mengurangi jerawat.

Hal tersebut karena daun bidara mengandung sifat antibakteri yang berkhasiat untuk mengurangi dampak jerawat. Sifat anti-inflamasinya bisa mengurangi peradangan yang terjadi pada jerawat.

5. Perkuat Daya Tahan Tubuh
Kandungan dalam daun bidara dapat mengurangi stres. Stres membuat kekebalan tubuh menurun sehingga menyebabkan tubuh lebih mudah terserang penyakit. Senyawa alami yang dimiliki bidara seperti saponin, flavonoid, dan polisakarida diyakini dapat peningkat imunitas tubuh.

Itulah beberapa manfaat kandungan dari daun bidara yang kami rangkum dari sumber kesehatan terpercaya. Semoga dapat bermanfaat. (Tim/gw)

BERITA TERKAIT