Home Berita Peristiwa Nasional Kriminal Laka Pendidikan Pertanian Kabar warga Wisata Sitemaps Privacy policy About as
Facebook  Twitter  Instagram  Youtube

Friday, March 05, 2021

B177 Varian Baru Corona Datang, Khofifah Himbau Warga Jatim Untuk Tenang

Gemawilis/Berita - 
Dikabarkan baru-baru ini, virus baru B117 yang merupakan mutasi varian
baru dari covid-19 tengah masuk ke Indonesia. Hal tersebut sesuai keterangan dari Wakil Menteri Kesehatan (Wamenkes) Dante Saksono Harbuwono di kanal Youtube Kemenristek/BRIN.

Virus masuk ke Indonesia diduga dari pasien Karawang yang mempunyai riwayat perjalan ke luar negeri setelah didapatkan dari hasil sequencing sampel dari beberapa daerah seperti Jakarta, Jawa Barat, Banten, Yogyakarta, dan Jawa Timur.

Terkait hal itu, Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa menghimbau masyarakat Jatim untuk tetap tenang namun selalu waspada dengan B117 karena menurut penelitian B177 mempunyai kecepatan penularan hingga 70 persen lebih cepat.

"Saat ini mutasi Virus Corona B117 UK sudah masuk ke Indonesia. Untuk itu, Pemprov Jatim dan masyarakat harus lebih waspada karena virus ini terbukti lebih cepat menular. Diharapkan masyarakat untuk tetap tenang dan disiplin terapkan protokol kesehatan, "ungkap Gubernur Jatim dalam siaran pers. Kamis (4/3/2021).

Meski sampai saat ini di wilayah Jatim belum ditemukan kasus tersebut, namun Gubernur berjanji akan terus berkoordinasi dengan laboratorium yang bisa melakukan sequencing guna mengantisipasi penularan.

"Masyarakat tidak perlu khawatir berlebihan. Virus ini tetap bisa dideteksi melalui alat PCR yang saat ini sudah ada, dan juga tidak mengurangi efektifitas vaksin yang sudah terjadwal untuk vaksin bisa dilanjutkan proses vaksinnya, "ungkap Khofifah Indar Prawansa. (Tim/gw)