Home Berita Peristiwa Nasional Kriminal Laka Pendidikan Pertanian Kabar warga Wisata Sitemaps Privacy policy About
 

Tuesday, February 9, 2021

Warga Madiun Disergap Saat Mencuri Kayu di Hutan Ponorogo, Sopir Kabur Satu Ketangkap

Polsek Badegan mengamankan pelaku dan
barang bukti, sopir berhasil melarikan diri ke sawah.
Gemawilis/Kriminal -
Warga
Krajan, Kecamatan Mejayan, Madiun, diamankan Unit Reskrim Polsek Badegan, Ponorogo setelah ketahuan melakukan pencurian kayu sono keling pada Minggu (7/2/2021) sore.

Pelaku yang diketahui bernama Sugeng Prasetyo (27) ditangkap di jalan desa Karangan Badegan saat sedang membawa 12 batang kayu sono keling. Kayu dengan berbagai ukuran itu dibawa pelaku dengan menggunakan Daihatsu Grand Max AE 8926 GA.

Kapolsek Badegan, IPTU Agus Wibowo, S.H. mengatakan pelaku berjumlah 2 orang. Namun, saat dilakukan penghadangan sopir melarikan diri ke sawah, sehingga petugas hanya berhasil mengamankan 1 orang pelaku.

"Saat dilakukan penyergapan sopir melarikan diri ke sawah, tapi satu orang berhasil diamankan petugas atas nama Sugeng Prasetyo, 27 tahun, alamat Krajan, Mejayan, Madiun, "kata Kapolsek.

IPTU Agus Wibowo, menjelaskan, kejadian itu bermula saat pihaknya mendapat informasi bahwa di kawasan hutan Perhutani RPH Watubonang, BKPH Ponorogo Barat sering terjadi pencurian kayu sono keling. Selanjutnya atas informasi itu petugas melakukan penyelidikan dan akhirnya pelaku berhasil ditangkap.

Dalam melakukan aksinya pelaku cukup lihai, modus yang dulaukan pelaku untuk mengelabui petugas dengan cara menutupi kayu hasil curiannya dengan karung berisi jerami dan rumput kering, kemudian karung ditutup dengan terpal berwarna biru.

”Jadi seolah-olah pelaku sedang mengangkut padi, namun karena petugas jeli akhirnya aksinya pelaku bisa digagalkan, "jelas Kapolsek.

Saat ini pelaku yang berhasil diamankan ditahan di Polsek Badegan berikut barang buktinya guna proses penyidikan lebih lanjut.

“Kerugian sekitar Rp 4,2 juta. Terhadap tersangka disangkakan pasal 83 (1) UU No 18 Tahun 2013 tentang pencegahan dan pemberantasan pengrusakan hutan Jo Pasal 55 KUHP, "papar IPTU Agus Wibowo. (hum/gw)

Topik Lain