Home Berita Peristiwa Nasional Kriminal Laka Pendidikan Pertanian Kabar warga Wisata Sitemaps Privacy policy About as
Facebook  Twitter  Instagram  Youtube

Wednesday, February 24, 2021

Pertanian Jadi Sektor Paling Kuat Sepanjang Pandemi Covid-19

Gambar ilustrasi lahan pertanian (fot: istimewa)
Gemawilis/Pertanian - 
Sepanjang pandemi Covid-19, semua sektor terkena imbas, tanpa terkecuali. Banyak sektor yang bergerak negatif, seperti sektor pariwisata, industri, perdagangan, transportasi dan masih banyak lagi sektor-sektor yang lain.

Namun, dari banyaknya sektor yang selama ini bergerak negatif karena kondisi pandemi, sektor pertanian menjadi sektor yang di klaim paling kuat dalam pergerakannya.

Hal tersebut di paparkan oleh Badan Pusat Statistik (BPS) saat acara Webinar "Menakar Kekuatan Sektor Pertanian Sebagai Penopang Ekonomi Nasional" pada Selasa (23/2/2021).

Dalam pemaparannya itu disampaikan, sektor pertanian menjadi sektor yang dinilai paling mampu bertahan saat pandemi covid-19. Data BPS mengatakan sepanjang 2020 sektor pertanian mampu tumbuh 1,75 persen.

"Realisasi ini menggambarkan jika pertanian mampu menjadi salah satu sektor yang mendorong laju perekonomian di masa pandemi, "jelas Koordinator Fungsi Konsolidasi Neraca Produksi Nasional Nur Indah Kristiani, dalam acara Webinar itu.

Selain pertanian, dikatakan juga masih ada enam sektor yang masih tumbuh positif pada 2020, yakni jasa pendidikan, jasa keuangan, informasi dan komunikasi, real estat, pengadaan air, serta jasa kesehatan.

Sementara itu, Peneliti Senior LPEM FEB UI Riyanto pada kesempatan yang sama juga mengatakan jika pertanian memiliki kekuatan lebih besar dibanding sektor industri. Artinya, pertumbuhan di sektor pertanian lebih berpengaruh dibanding industri.

"Pertanian punya kekuatan lebih besar dari industri. Karena di sektor pertanian mempunyai produk unggulan, pangan dan perkebunan, dan perikanan yang menjanjikan, "papar Riyanto. Seperti dikutip dari CNN Indonesia. (Tim/gw)

BERITA TERKAIT