Home Berita Peristiwa Nasional Kriminal Laka Pendidikan Pertanian Kabar warga Wisata Sitemaps Privacy policy About

Wednesday, February 3, 2021

PBI Menyayangkan Pelepasan Burung Lovebird di Peresmian RS Lapangan Joglo Dungus

Gubernur Jawa Timur sedang melepaskan burung di
acara peresmian RS Lapangan Joglo Dungus (fot: istimewa).
Gemawilis/Berita -
Pelepasliaran Burung Lovebird pada acara peresmian Rumah Sakit (RS) Lapangan Joglo Dungus mengundang reaksi dari Pelestari Burung Indonesia (PBI) Cabang Madiun.


Menurut Ketua PBI Cabang Madiun, Catur, pelepasliaran jenis burung lovebird itu katanya malah bisa merusak kelestarian burung asli lokal.

"Keberadaan lovebird di alam liar tentunya bakal mengancam keberadaan beberapa spesies burung lokal. Karena burung lovebird itu kan bukan burung endemik, "kata Ketua PBI Cabang Madiun saat dihubungi media. Rabu (3/2/2021) malam.

Lebih lanjut pria yang sering disapa Catur Putsal itu menjelaskan di alam liar tidak ada burung lovebird kecuali burung yang terlepas tanpa sengaja dari sangkarnya.

"Lovebird bukanlah burung asli Indonesia. Artinya, di alam liar kita tidak pernah menemukan lovebird, kecuali burung yang tidak sengaja terlepas dari sangkarnya, "papar Catur.

Bahkan Catur mengatakan tindakan itu sangat tidak di rekomendasikan dan pihaknya sangat menyayangkan kejadian tersebut.

"Niat baik tanpa ada pemaham akan timbul masalah baru. Pelepasan lovebird di alam bebas sangat tidak direkomendasikan. Di beberapa negara, hal tersebut bahkan dianggap sebagai tindakan ilegal yang bisa dikenai sanksi, "papar Catur.

Diberitakan sebelumnya, pada Rabu (3/2) Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa telah meresmikan RS Lapangan Joglo Dungus di Kelurahan/Kecamatan Wungu Madiun. Dalam cara peresmian tersebut salah satu rangkaian acaranya adalah pelepasliaran burung. Sedangkan burung yang dilepaskan diantaranya terdapat jenis burung Lovebird dan Perkutut.

Perlu diketahui, Pelestari Burung Indonesia Cabang Madiun yang saat ini diketuai oleh Catur adalah salah satu komunitas penggiat pelestari burung yang getol menyuarakan kelestarian jenis burung di Madiun, khususnya burung endemik. Beberapa aksi pelestarian pun sering dilakukan oleh PBI Cabang Madiun di wilayah Madiun. (Tim/gw)

Rekomendasi