Home Berita Peristiwa Nasional Kriminal Laka Pendidikan Pertanian Kabar warga Wisata Sitemaps Privacy policy About as
Facebook  Twitter  Instagram  Youtube

Wednesday, February 17, 2021

Mengenal Vetiver yang Akan Ditanam Pemkab Madiun Mampu Mencengkeram Bumi Dengan Kekuatan Setara Kawat Baja

Presiden RI Jokowi Dodo saat menanam tanaman
akar wangi beberapa waktu lalu (fot: twitter Joko Widodo)
Gemawilis/Berita -
Untuk menanggulangi bencana alam banjir dan tanah longsor di Kabupaten Madiun terutama di daerah lereng gunung Wilis,
 Pemerintah Kabupaten Madiun berencana akan menanam tanaman akar wangi.

Hal tersebut sebagai upaya untuk menambah fungsi resapan air di lahan di kawasan hutan dan sejumlah lahan kritis yang ada di pegunungan serta lahan kritis di sepanjang aliran sungai yang ada di daerah rawan bencana.

Lalu apa itu akar wangi, akar wangi atau narwastu adalah tumbuhan atau tanaman sejenis rumput yang berasal dari India, termasuk tumbuhan satu keluarga dengan serai atau jenis padi (famili Poaceae). Akar wangi dapat tumbuh sepanjang tahun, dan sudah dikenal banyak orang sejak lama sebagai sumber wangi-wangian.

Akar wangi atau vetiver selama ini kerap ditanam di lahan kritis di seluruh dunia untuk digunakan sebagai pencegah terjadinya longsor. Nama lain dari akar wangi diantaranya akar babau, akar banda, useur, rarawestu, dan masih banyak lagi.

Bahkan tanaman ini bukan sembarang tanaman, vetiver adalah tanaman yang mempunyai akar yang sangat kuat untuk mencengkeram bumi yang kekuatannya setara dengan seperenam kawat baja.

Selain berfungsi sebagai penahan longsor dan membantu resapan air, akar dari tumbuhan dengan nama latin Chrysophogon Zizaionide ini juga memiliki beberapa manfaat lainnya, daun akar wangi diyakini dapat mencerap karbon, mengusir hama, bahkan dapat dipakai untuk bahan dasar kertas.

Sedangkan di bagian akarnya dapat mengikat tanah atau menguatkan tanah, sehingga mampu mencegah longsor, banjir, memperbaiki kualitas air, melindungi infrastruktur, menyerap racun, hingga dapat menyuburkan tanah disekitarnya.

Bahkan selain Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) beberapa waktu lalu juga memperkenalkan tanaman vetiver itu sebagai tanaman yang dapat berfungsi untuk mencegah banjir dan tanah longsor.

Jokowi awalnya memperkenalkan tanaman tersebut dalam Rakornas Penanggulangan Bencana. Bahkan ia meminta semua pemerintah daerah untuk menanam jenis tanaman itu di wilayahnya masing-masing.

"Ini mau saya kenalkan, tanam yang namanya vetiver atau akar wangi. Vetiver bukan beda Veti Vera, beda itu. Karena apa, dalam setahun akarnya bisa 1/2-1 meter. Ini mulai harus dikenalkan. Diperbanyak bibitnya. Sebarkan ke daerah yang memiliki ancaman bencana, "papar Jokowi saat memberi pengarahan di SICC, Bogor, Jawa Barat pada saat itu. Selasa (4/2/2020) seperti dilansir dari detikcom. (Tim/gw)