Home Berita Peristiwa Nasional Kriminal Laka Pendidikan Pertanian Kabar warga Wisata Sitemaps Privacy policy About as
Facebook  Twitter  Instagram  Youtube

Friday, February 12, 2021

Manfaat Jus Mengkudu Untuk Kesehatan dan Kecantikan

Gemawilis/Kesehatan -
Mengkudu, atau ada yang menyebutnya Pace, ada juga yang mengenalnya dengan nama Bentis. Buah yang satu ini rasanya memang tidaklah enak, sehingga pohonnya banyak dibiarkan kan tumbuh semaunya.


Padahal kandungan vitamin di dalam buah mengkudu sangatlah banyak manfaatnya untuk kesehatan bahkan juga untuk kecantikan. Sebab mengkudu, salah satu buah yang kaya akan antioksidan, terkandung didalamnya ada vitamin C, vitamin A, vitamin B3, dan zat besi.

Hasil ramuan dari buah mengkudu bahkan juga dipercaya sebagai minuman ajaib. Namun untuk bisa memanfaatkan vitamin didalam buah mengkudu kita harus mengolahnya terlebih dulu dengan cara direbus kemudian di saring dan diambil arinya. Namun ada sebagian masyarakat yang tanpa di proses pun doyan dengan buah yang satu ini, meski rasanya sangatlah kecut dan getir agak pahit.

Cara gampang menkonsumsi buah mengkudu adalah dengan cara membuatnya sebagai Jus, ambil beberapa buah yang sudah berwarna kuning atau yang sudah masak (matang) kemudian di blender seperti membuat jus pada umumnya.

Studi mengatakan mengonsumsi buah atau air rebusan mengkudu dapat menurunkan resiko asam urat dan juga dapat mengurangi asam urat dalam darah. Jus mengkudu efektif mengurangi nyeri radang sendi dan mengurangi sakit sendi yang terlibat dalam artritis.

Selain itu, jus mengkudu juga bermanfaat sebagai pelembap kulit dan mampu melawan radikal bebas, membalikkan efek penuaan, dan menjaga elastisitas kulit. Vitamin yang ada dalam mengkudu dipercaya mampu mengisi dan memperbaiki sel kulit yang sudah mati. Karena mengkudu mengandung vitamin C dan selenium.

Hebatnya lagi, mengkudu juga dapat untuk mencegah penyakit  kanker. Menurut Pusat Nasional untuk Kesehatan Pelengkap dan Integratif, jus mengkudu memiliki sifat melawan tumor dan merangsang kekebalan tubuh. Bahkan, National Cancer Institute telah mendanai penelitian pendahuluan tentang jus mengkudu untuk perawatan dan pencegahan kanker payudara.

Selanjutnya mengkudu dapat meningkatkan kekebalan tubuh, karena vitamin didalam mengkudu memiliki sifat antibakteri, antijamur, antiinflamasi, dan antihistamin yang semua hal tersebut membantu meningkatkan kekebalan tubuh. Sehingga khasiat antivirus dari jus mengkudu dapat membantu menghilangkan rasa meriang, batuk, demam, dan sakit di tubuh.

Terakhir manfaat jus buah mengkudu dapat melindungi kesehatan jantung. Jus mengkudu telah menunjukkan efek positif dalam melindungi kesehatan jantung dengan meningkatkan aliran darah di arteri. Sehingga dapat membantu mengatur tekanan darah yang membantu menjaga kesehatan pada jantung. Selain itu, rajin mengonsumsi jus mengkudu juga dapat peningkatan profil lipid, berkurangnya LDL (kolesterol jahat), dan meningkatnya HDL (kolesterol baik). (Tim/gw) sumber: kesehatan.