Home Berita Peristiwa Nasional Kriminal Laka Pendidikan Pertanian Kabar warga Wisata Sitemaps Privacy policy About

Friday, February 5, 2021

Dukung PPKM Mikro, Kapolri Siapkan Personel Hingga Tingkat RT/RW

Dukung PPKM mikro, personel Polri akan disiapkan
hingga tingkat Desa Kelurahan, RT dan RW (fit: ilustrasi)
Gemawilis/Nasional -
Untuk mendukung penerapan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat atau PPKM,
Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo menerbitkan Surat Telegram kepada jajaran kepolisian yang ada di bawahnya untuk terlibat dalam PPKM Skala Mikro hingga ke tingkat RT/RW.

Surat Telegram bernomor ST/203/II/Ops.2./2021 itu ditujukan untuk seluruh Kapolda di Pulau Jawa dan Bali. Kabaharkam Polri, Komjen Pol. Drs. Agus Andrianto, S.H., M.H., mengatakan Surat Telegram itu terbit untuk mendukung kebijakan PPKM Mikro.

 "Surat Telegram itu diterbitkan dalam rangka menyiapkan dukungan Polri terhadap rencana kebijakan tersebut, "kata Kabaharkam Polri, seperti dilansir dari Portal Berita Resmi Polri (Tribratanews), Kamis (4/2/2021).

Dalam keterangannya, Komjen Pol. Drs. Agus Andrianto, menjelaskan bahwa, PPKM Skala Mikro akan diberlakukan mulai dari tingkat Desa/Kelurahan hingga  sampai dengan tingkat RT/RW di tujuh Provinsi, 98 Kabupaten Kota, dan 19.687 Desa Kelurahan. Namun untuk pelaksanaannya sendiri masih akan menunggu hasil evaluasi PPKM Jilid II yang berakhir pada 8 Februari 2021 mendatang.

Dengan diterbitkannya Surat Telegram itu, jajaran Polri kewilayahan diharuskan melaksanakan koordinasi dan kerja sama dengan pihak Forkompimda, BPBD Provinsi Kota, dan melibatkan epidemiolog guna memetakan wilayah atau daerah rawan penyebaran virus Covid-19.

 "Termasuk menyusun kekuatan personel dan sarana prasarana dalam rangka mendukung rencana penerapan PPKM skala mikro mulai dari tingkat kecamatan, desa kelurahan, dan RT/RW di wilayah masing-masing, "papar Kabaharkam.

Sebelumnya, Menteri Koordinator Bidang Perekonomian sekaligus Ketua Komite Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional (KPC-PEN) Airlangga Hartarto dalam jumpa pers yang dilakukan secara daring dari Istana Kepresidenan, Jakarta, Rabu (3/2/2021) mengatakan, bahwa Presiden Joko Widodo (Jokowi) meminta perbaikan penerapan PPKM, dan menginginkan supaya pembatasan dilakukan secara mikro, seperti ditingkat RT/RW.

Kata Airlangga Hartarto, Jokowi meminta sistem penerapan PPKM dibuat lebih mikro, karena mengacu dari data menunjukkan mobilitas warga masyarakat masih tinggi di lingkungan pemukiman. (Tim/gw)

Rekomendasi