Home Berita Peristiwa Nasional Kriminal Laka Pendidikan Pertanian Kabar warga Wisata Sitemaps Privacy policy About as
Facebook  Twitter  Instagram  Youtube

Saturday, February 20, 2021

Cara Memilih Durian Manis dan Lezat, Begini Tips Selengkapnya

Buah durian dengan warna menarik belum
tentu memiliki rasa yang manis dan lezat (fot: istimewa).
Gemawilis/Kuliner -
Memilih durian memang bukan hal mudah, apalagi durian terkenal cukup mahal dibanding buah yang lain. Jika musim durian datang, tidak sedikit masyarakat yang sering ketipu saat membeli durian di pinggir jalan, terutama orang-orang kota yang belum begitu paham akan buah durian.


Memang, tidak semua pedagang durian nakal, namun tidak dipungkiri dari sekian banyak penjual buah durian pasti ada saja yang memanfaatkan keadaan. Biasanya para oknum penjual durian akan menawarkan harga yang lebih murah, tapi hasilnya saat kita beli dapat isi yang tawar, ulas, masam dan sebagainya.

Mari belajar memilih buah rajanya buah ini supaya saat membeli buah durian tidak salah pilih dan menemukan yang manis dan lezat. Simak tips berikut,

1. Bentuk
Jika ingin mendapatkan isi durian yang jumlahnya lebih banyak, sebaiknya pilihlah durian yang mempunyai bentuk bulat. Karena durian yang bentuknya lonjong akan memiliki daging yang lebih sedikit dibanding yang berbentuk bulat.

Selain bentuk durian keseluruhan, untuk memilih durian enak juga bisa dengan mencermati bentuk duri nya. Pilih durian dengan bentuk duri pendek dan jarang, karena duri dengan bentuk tersebut dipercaya memiliki rasa yang lebih manis.

2. Bobot
Jangan memilih durian dengan bobot yang berat, tetapi pilih yang cenderung memiliki bobot yang lebih ringan. Karena durian dengan bobot yang ringan pertanda kalau buah tersebut sudah matang.

Durian yang berbobot berat biasanya akan memiliki biji yang besar, bukan dagingnya. Maka semakin besar bijinya akan semakin berat, dan semakin tipis dagingnya.

3. Tangkai
Durian dengan tangkai pendek dan cenderung tebal menunjukkan bahwa dagingnya juga tebal dan banyak. Sebaliknya, kalau tangkainya panjang dan ramping biasanya dagingnya juga sedikit dan tidak terlalu tebal.

Selain itu, lihat dan cek bagian tangkai atas durian. Jika tangkai tidak bergetah atau sudah kering maka durian sudah lama diambil dari pohon atau sudah masak di pohon. Sebaliknya kalau tangkai atas masih bergetah bertanda durian baru dipetik dari pohon.

4. Bunyi
Salah satu ciri buah durian matang adalah dengan cara mengetuknya (pakai pemukul, kayu). Karena durian yang sudah matang bunyinya akan terasa sedikit berat dan terendam seperti "bluk-bluk". Namun jika suaranya garing, bertanda durian belum matang atau tidak segar.

5. Aroma
Trik ini umum dan paling banyak dipakai oleh semua orang saat memilih durian. Durian yang memiliki aroma harum umumnya memamg memiliki daging yang kuning dan manis.

Untuk mencium aroma durian tidak perlu membelah durian, cukup dengan mendekatkan buah durian ke hidung. Durian dengan kualitas terbaik akan menebarkan aroma harum yang sangat khas meskipun belum dibelah kulitnya.

6. Warna
Abaikan warna kulit durian bagian luar, karena warna kulit durian tidak berpengaruh pada kelezatan isinya. Umumnya ada 3 warna durian yang biasa dijumpai, yakni hijau, kuning, dan coklat.

Kulit durian berwarna hijau belum tentu tidak matang, karena bisa jadi itu memang warna khasnya. Karena ada durian yang memiliki warna kuning atau coklat justru malah memiliki isi yang tidak manis dan kurang lezat.

Itulah 6 tips dan trik jitu saat Anda akan memilih durian agar tepat dan tidak salah saat membeli buah durian. (Tim/gw)

BERITA TERKAIT