Home Berita Peristiwa Nasional Kriminal Laka Pendidikan Pertanian Kabar warga Wisata Sitemaps Privacy policy About as
Facebook  Twitter  Instagram  Youtube

Friday, February 05, 2021

Bupati Madiun Jelaskan Keresahan Masyarakat Terkait 'One Gate System'

Bupati Madiun gelar jumpa pers bersana Forkopimda
terkait pemberlakuan one gate sisyem di Kabupaten Madiun.
Gemawilis/Berita -
Bupati Madiun, Ahmad Dawami didampingi Kapolres Madiun AKBP Bagoes Wibisono bersama
Forkopimda Kabupaten Madiun menggelar jumpa pers di Pendopo Muda Graha Kabupaten Madiun. Kamis (4/2/2021) malam.

Dalam kesempatan itu, Khaji Mbing, sapaan akrab Bupati Madiun menjelaskan terkait "One Gate System" pada Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Tahap II di Kabupaten Madiun yang di terapkan di tiap-tiap desa.

Khaji Mbing menuturkan, bahwa one gate system, atau sistem satu pintu di berlakukan di wilayah Kabupaten Madiun bertujuan untuk memonitoring atau memantau akses masuk keluar masyarakat, baik untuk warga desa itu sendiri maupun masyarakat dari luar (tamu/pendatang).

"Dalam one gate kegiatan perekonomian silahkan tetap berjalan. Jadi sistem satu pintu ini bukan untuk membatasi kegiatan ekonomi masyarakat. Orang yang berjualan silakan tetapi wajib melaksanakan prokes, "jelas Bupati Madiun.

Bupati meyakini dengan diterapkannya one gate, pengawasan akan lebih mudah dilakukan kepada masyarakat. Sehingga dalam menjalankan protokol kesehatan baik warga setempat maupun orang dari luar, pun para pelaku ekonomi lebih disiplin melaksanakan prokes ketika keluar masuk desa.

Hal tersebut mengingat setiap hari kasus positif Covid-19 di Kabupaten Madiun terus mengalami lonjakan. "Selaku kepala daerah, saya tidak mungkin membiarkan masyarakat meninggal atau membiarkan kasus covid terus bertambah, "kata Khaji Mbing.

Sementara itu, Kapolres Madiun, AKBP Bagoes Wibsiono menambahkan, one gate menjadi ujung tombak penanganan Covid-19 di Kabupaten Madiun. Dalam one gate system ini ada RT, RW, Kades, Lurah, tokoh agama, tokoh masyarakat dan seluruh masyarakat yang juga harus terlibat.

“One gate ini tujuannya adalah untuk melindungi masyarakat itu sendiri dari penyebaran Covid-19. Semua berperan aktif dan saling mengingatkan supaya kabupaten madiun segera pada zona hijau seperti sedia kala, "tegas perwira dengan dua melati tersebut. (Tim/gw)

BERITA TERKAIT