Home Berita Peristiwa Nasional Kriminal Laka Pendidikan Pertanian Kabar warga Wisata Sitemaps Privacy policy About as
Facebook  Twitter  Instagram  Youtube

Tuesday, February 23, 2021

Berkat PPKM Mikro, Angka Kesembuhan Covid-19 di Kabupaten Madiun Diatas Tingkat Nasional

Bupati, Kapolres dan Dandim 0803 Madiun saat
mengikuti Rapat Evaluasi PPKM Pemprov Jatim (fot: humkab)
Gemawilis/Berita -
Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Timur melalukan Rapat Evaluasi PPKM Mikro tahap pertama
secara Video Conference. Rapat diikuti oleh Bupati dan Walikota seluruh Provinsi Jatim dan unsur terkait lainnya. Selasa (23/2/2021).

Jubir Satgas penanganan Covid-19 Jawa Timur, dr Joni, dalam rapat evaluasi itu menjelaskan sepanjang di dijalankannya PPKM Mikro, trend kematian akibat virus corona di Jawa Timur mengalami penurunan.

"Secara epidemiologis, PPKM Mikro menunjukkan perbaikan dalam pengendalian Covid-19. Namun, meski terjadi penurunan signifikan, tetapi kasus aktif masih tinggi. Maka upanya pengendalian dan pencegahan skala mikro perlu untuk dilanjutkan dan ditingkatkan, "paparnya.

Rapat evaluasi PPKM Mikro tahap pertama yang diselenggarakan oleh Pemprov Jatim itu juga bertujuan agar setiap Bupati dan Walikota melaporkan perkembangan Covid-19 dan penerapan PPKM Skala Mikro di wilayahnya masing-masing.

Bupati Madiun, Ahmad Dawami, yang mengikuti rapat secara virtual dari ruang rapat Prajamukti Puspem Mejayan pada kesempatan itu melaporkan, bahwa angka kesembuhan di wilayah Kabupaten Madiun rata-rata sudah di atas tingkat nasional yakni 88,8 persen dan Bed Occupancy Ratio atau BOR mencapai 42.9 persen.

Kemudian kasus aktif berada di angka 4 persen dan angka kematian stagnan. Dari total 206 desa/kelurahan, terdapat 36 desa/kelurahan dengan zona kuning dan 170 desa/kelurahan zona hijau. Sementara dari sisi RT, terdapat 48 RT masih zona kuning dan 4797 zona hijau.

"Kabupaten Madiun masih melaksanakan kegiatan posko dan One Gate System untuk memonitoring warga yang keluar masuk wilayah agar disiplin menerapkan protokol kesehatan. Kita juga siapkan tempat isolasi bagi yang OTG dengan 10 tempat tidur di setiap Kecamatan. Terkait pencairan Dana Desa di Kabupaten Madiun, tidak ada masalah, "kata Bupati Madiun H. Ahmad Dawami.

Sementara, terkait Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) berskala Mikro di Kabupaten Madiun, resmi kembali diperpanjang. PPKM berlaku mulai 23 Februari sampai 8 Maret 2021. Salah satu poin dalam peraturan PPKM mikro kali ini tidak jauh berbeda dengan sebelumnya. Jam operasioinal pasar tradisional yang sebelumnya pukul  03.00 sampai 12.00 WIB,  kini diperpanjang sampai pukul 21.00 WIB. Simak Edaran Bupati Madiun berikut ini. (Hum/gw)

BERITA TERKAIT