Home Berita Peristiwa Nasional Kriminal Laka Pendidikan Pertanian Kabar warga Wisata Sitemaps Privacy policy About
 

Saturday, February 27, 2021

Aksi Selamatkan Mata Air Lereng Wilis di Petirtaan Suci Ngobalan 'Sumber Air Sakral'

Konservasi mata air, pecinta alam tanam bibit pohon di
sumber air sakral Kecamatan Ngetos, Nganjuk Sabtu (27/2)
Gemawilis/Kabar Alam - 
Pelestari Kawasan Wilis (Perkawis) bersama The Gandikers menggelar aksi penanaman pohon di Sumber Mata Air “Petirtaan Suci” Ngobalan yang terletak di Klodan, Kecamatan Ngetos, Kabupaten Nganjuk. Sabtu (27/2/2021).


Aksi ini di hadiri oleh Kepala Desa Klodan, Muspides, Perhutani, Serta Komunitas Pecinta Alam seperti MPA Duta Wilis, Bayu Arca Padha.

“Aksi penanaman di Sumber Air di lakukan secara swadaya oleh rekan-rekan komunitas, dan sebanyak 300 bibit tanaman hasil donasi berbagai pihak di tanam di areal seluas 2 hektar, "ujar Fajar, Ketua Panitia.

Selamatkan Mata air merupakan salah satu program konservasi hutan kawasan wilis dan penyelamatan mata air, di areal ini nantinya segera di bangun Destinasi Wana Wisata dengan nama "Patirtaan Suci Ngobalan" 

Kepala Desa Klodan, Haryono mengatakan Petirtaan Suci Ngobalan ini merupakan sumber air yang sakral. Kisah Foklore yang di tuturkan selama turun temurun di daerah ini menyebutkan sumber air ini takkan pernah kering sebab merupakan tembusan dari Telaga Ngebel.
Masyarakat, lanjut Haryono, percaya dan menyakini bahwa Ngobalan terhubung dengan Telaga Ngebel yang berjarak sekitar 40 km sebelah barat daya. Kandungan air yang keluar dari petirtaan suci Ngobalan ini, juga di percaya mampu menyembuhkan berbagai penyakit.

“Pengunjung yang datang kesini menyakini, jika mandi di petirtaan ini, akan membuat tubuh serasa bugar, apalagi pihak desa pernah melakukan penelitian tentang kandungan mineral yang sangat lengkap dari air di sini, "uturnya.

Di tempat yang sama, Ketua Umum Pelestari Kawasan Wilis, Tofan Ardi mengatakan pihaknya akan memberikan dukungan penuh kepada kepala desa dan masyarakat Klodan untuk mengembangkan Destinasi Wana Wisata Petirtaan Suci Ngobalan.

“Konsep telah disusun dan nantinya petirtaan ini akan dikembangkan menjadi destinasi wisata yang mengusung kearifan lokal serta berwawasan lingkungan, sehingga mendukung Klodan menjadi Desa Pro Iklim di Kabupaten Nganjuk, "papar Tofan Ardi. (TA/gw)

Topik Lain