Home Berita Peristiwa Nasional Kriminal Laka Pendidikan Pertanian Kabar warga Wisata Sitemaps Privacy policy About as
Facebook  Twitter  Instagram  Youtube

Wednesday, January 20, 2021

Tips Sehat, Cara Mudah Menjaga Kesehatan Dengan Air Putih

Gambar ilustrasi/fot: pixaby.
Gemawilis/Kesehatan -  
Air merupakan sumber kehidupan manusia. Lebih Dari 50% tubuh manusia mengandung air. Organ penting seperti ginjal merupakan paling terdepan yang begitu akrab dengan air.


Ginjal sendiri berfungsi sebagai pencuci darah, dengan bekerja sama dengan jantung, darah yang telah dicuci ginjal nantinya akan disalurkan ke seluruh tubuh manusia. Dan air bekas pencucian akan dibuang menjadi urin.

Perlu diketahui air sangat berperan penting bagi proses diatas. Coba bayangkan jika yang kita minum tersebut bukanlah air yang sehat dan bersih. Ginjal sangat bekerja dengan keras membersihkan air yang masuk ke tubuh. Kalau sekali dua kali jika hingga bertahun-tahun kita terus meminum atau memasukan cairan yang tidak baik ginjal akan terus menerus bekerja dengan keras. Capek, penat itu pasti. Tapi itulah keistimewaan yang diberikan sang maha kuasa.

Dengan memperbanyak konsumsi air putih, secara tidak langsung kita telah meringankan beban yang dipikul sendiri oleh ginjal.

Berikut ada sedikit tips waktu yang baik untuk minum air, yang mana jarang bahkan tidak banyak diketahui oleh manusia, sebagai berikut:

1. 30 menit sebelum tidur. Pada saat tersebut masa dimana organ pencernaan bekerja, air sangat dibutuhkan untuk proses perjalanan makanan yang telah kita makan seharian tadi.

2. Bangun tidur sebelum gosok gigi. Pada saat bangun pagi tubuh terasa lemah dan bahkan ada pula yang malas bangun. Tips sederhana jika susah bangun tidur sediakan segelas air minum di meja kamar tidur, minum seketika kamu bangun. Air yang segar dapat membuat tubuh membangkitkan hormon yang membuat kita semangat untuk bangun tidur.

3. Minum air sebelum makan. Banyak ahli kesehatan menganjurkan untuk minum dahulu sebelum makan. Karena dapat mempermudah lambung mengenali makanan yang kita makan sehingga lambung dapat maksimal dalam mengekstrak gizi yang ada pada makanan tersebut.

4. Setelah berolahraga. Seperti diketahui saat berolahraga tubuh kita banyak mengeluarkan peluh keringat yang mana air sangat diperlukan untuk menggantikan cairan yang dikeluarkan tadi.

5. Saat sakit demam. Air memang banyak mengandung mineral tinggi yang baik bagi kesehatan. Minum air saat badan demam mampu mengurangi resiko dehidrasi yang ditimbulkan dari hawa panas berlebih pada tubuh.

6. Sakit flu dan bersin-bersin. Pada saat flu atau pilek organ pernafasan di hidung mengeluarkan cairan yang terus menerus keluar. Selama itu pula ancaman kekurangan cairan terjadi. Maka imbangilah dengan meminum air yang cukup agar membuat air dalam tubuh tetap terjaga.

7. Urin berwarna kuning ataupun oranye. Normal nya urin yang sehat ditandai dengan warna seperti air biasa, namun jika warna kuning tandanya kamu harus memperbanyak minum air putih.

Selain beberapa tips diatas, air sangat dianjurkan untuk para pekerja driver karena air juga dipercaya dapat mengurangi penyakit punggung dan wasir. Semoga bermanfaat dan berguna. (Ds/gw)