Home Berita Peristiwa Nasional Kriminal Laka Pendidikan Pertanian Kabar warga Wisata Sitemaps Privacy policy About as
Facebook  Twitter  Instagram  Youtube

Wednesday, January 13, 2021

Tanam Kacang Tanah Panen 90 Hari, Begini Caranya

Gambar lahan pertanian kacang tanah.
Gemawilis - tak kenal dengan kacang tanah. Kacang tanah adalah tanaman yang memiliki produk utama berupa biji (biji kacang). Kacang tanah juga merupakan tanaman agrobisnis yang selama ini selalu ditanam oleh para petani.


Alasan para petani memilih setia untuk menanam kacang tanah karena kacang tanah selalu dibutuhkan dan selalu laku di pasaran meski harganya sendiri tidak terlalu mahal.

Di Indonesia, biasanya orang mengonsumsi biji kacang tanah dengan cara direbus atau digoreng. Selain itu kacang tanah juga bisa dijadikan makanan olahan lainnya seperti sambal kacang, selai, biskuit, dan masih banyak lagi.

Nah, bagi Anda yang ingin menanam kacang tanah, sebaiknya jangan abaikan beberapa catatan dibawah ini.

Pertama, pilihlah lokasi tanah yang gembur. Kedua, sebaiknya pilih benih yang sudah berusia kurang lebih 100 hari, biasanya kulit biji kacang tanah tua berwarna kehitaman.

Selanjutnya jemur benih hingga kering atau selama 4 sampai 5 hari dan kemudian simpan benih kacang tanah selama 3 - 6 bulan, atau simpan benih kacang sabil menunggu musim tanam datang agar kualitasnya meningkat.

Untuk penanaman, lubangi tanah dengan cara ditugal (jawa- gejik) dengan jarak tanam antara 25 x 25 cm. Lalu masukan benih kedalam lubang 1 benih untuk 1 lubang.

Jika pertumbuhan normal dan pemilihan bibit kacangnya berkualitas, biasanya benih kacang tanah akan berkecambah satu minggu kemudian dan berbunga pada umur 20 hari kemudian semenjak benih ditanam.

Jangan lupa beri pupuk yang mengandung fosfor pada saat masa pembuahan agar hasilnya memuaskan dan juga lakukan penyiangan dan pembersihan gulma secara rutin. Selanjutnya kacang tanah yang Anda tanam akan siap dipanen saat umur 90 hari. (Tim/gw)