Home Berita Peristiwa Nasional Kriminal Laka Pendidikan Pertanian Kabar warga Wisata Sitemaps Privacy policy About as
Facebook  Twitter  Instagram  Youtube

Friday, January 15, 2021

Pernah Sikat Juara 2 di Belanda Sri Rejeki Kini Harganya Selangit, Inilah 4 Jenis Tanhias Termahal Saat Ini

Gambar tanaman hias Sri Rejeki (fot/ilustrasi: istimewa)
Gemawilis - 
Pandemi datang perekonomian lesu. Bahkan bisa dikatakan semua sektor terkena imbas Covid-19 termasuk dunia usaha yang bergerak dibidang parwisata dan perdagangan. Pun, dengan usaha yang lain.


Namun nampaknya hal tersebut tidak terjadi pada dunia usaha Tanaman Hias (tanhias). Pasalnya terjadi trend positif di dunia tersebut, bahkan beberapa jenis tanhias harganya mencuat tinggi. Meski sebenarnya beberapa jenis tanaman yang nilai jualnya tinggi itu bukan termasuk tanaman langka alias sudah ada sebelum pandemi.

Dan inilah 4 jenis tanaman hias yang harganya melambung tinggi dimasa Covid-19. Bahkan hingga sekarang, trend tersebut masih berlanjut.

Pertama ada nama Monstera, jenis tanhias yang mudah dirawat dan tidak mudah terkena penyakit. Di jenis ini, monstera tropis dari Amerika Selatan dan Amerika Tengah masih menjadi yang termahal, harganya bisa mencapai puluhan hingga ratusan juta. Jenis Monstera Obliqua misalnya, jenis tersebut harganya mencapai 15 juta per daun hingga 100 juta per pohon.

Selanjutnya ada Aglaonema atau Sri Rejeki. Sri Rejeki sendiri mempunyai banyak jenis, setidaknya ada sekitar 30 jenis dengan beraneka warna. Jenis yang termahal adalah jenis Aglaonema Khaza yang dibanderol dengan harga 5-7 juta. Namun yang menjadi sorotan dunia adalah Sri Rejeki dari Sumatra, Aglaonema Pride Of Sumatra. Pasalnya Sri Rejeki dari Sumatra itu telah berhasil memenangkan juara 2 kategori tanaman hias Indor di negara Kincir Angin Belanda baru-baru ini.

Berikutnya ada tanhias yang sudah pernah naik daun pada beberapa tahun silam yakni Sansevieria atau Lidah Mertua. Jenis tanhias ini selain untuk dikoleksi atau ditanam untuk mempercantik ruangan juga mempunyai berbagai manfaat. Salah satunya adalah bermanfaat sebagai penyerap populasi udara dan membersihkan udara di sekitar maupun di dalam ruangan rumah. Lidah Mertua juga termasuk tanaman yang mudah tumbuh dengan sedikit air dan minim cahaya. Untuk jenis termahalnya masih dipegang jenis Krikil Silver Blue dengan harga hingga 10 juta per daun. Ada juga di Thailand jenis ekstrak Sansevieria dijual per daun seharga Rp 700.000 untuk mengobati berbagai penyakit.

Dan yang terakhir adalah jenis tanaman bonsai. Bonsai memang perawatannya cukup sulit, namun jika dirawat dengan baik umur sebuah bonsai bisa mencapai sangat panjang. Dikabarkan baru-baru ini dan menjadi perbincangan hangat dikalangan pecinta tanaman bonsai, bonsai dengan jenis pohon Kimeng dari Indonesia mampu menembus harga yang sangat fantastik, yakni terjual dengan harga 1 miliar. Selain unik kabarnya karena diprediksi umur bonsai jenis Kimeng tersebut sudah berumur sekitar 1 abad. (Tim/gw)