Home Berita Peristiwa Nasional Kriminal Laka Pendidikan Pertanian Kabar warga Wisata Sitemaps Privacy policy About as
Facebook  Twitter  Instagram  Youtube

Tuesday, January 12, 2021

Konservasi Kawasan Wilis KPHL Sendang Bagikan 1.200 Bibit Indigovera

Sebanyak 1.200 bibit Indigovera diberikan kepada
KPH Sendang untuk mendukung hijaukan kawasan Wilis.
Gemawilis - Agenda Konservasi Kawasan Wilis terus berlanjut, sebanyak 1.200 polibek tanaman Indigovera di distibusikan melalui Komunitas Pecinta Hutan Lindung (KPHL) Sendang kepada balai penyuluh pertanian Kecamatan Sendang Kabupaten Tulungagung Jawa Timur.


Ketua KPHL Sedang, Slamet Wahyudi mengatakan Kawasan Gunung Wilis sudah mulai kritis karena terjadi banyak kerusakkan. Oleh karena itu kawasan ini sangat penting dilestarikan untuk keberlangsung hidup terutama masyarakat di sekitar gunung wilis.

“Kami mengedukasi kelompok petani untuk menanam pohon hijauan pakan ternak sehingga selain menambah produksi hijauan, juga menjaga kelestarian hutan, "ujarnya, Minggu (10/1/2021).

Slamet menambahkan para petani sendang mayoritas juga beternak sapi maupun kambing yang membutuhkan hijauan pakan ternak, sehingga melalui kegiatan ini, KPHL juga mengedukasi petani untuk memanfaatkan lahan kosong agar lebih produktif.

“Tanaman Indigovera memiliki sifat menyerap unsur N yang ada di udara dan di salurkan ke dalam tanah melalui perakarannya sehingga tanaman di sekitar indigovera makin subur, sangat tepat di gunakan sebagai tanaman konservasi dengan nilai ekonomis tinggi” tuturnya

Komunitas Pecinta Hutan Lindung Sendang yang juga tergabung dalam Konsorsium Pelestari Kawasan Wilis (Perkawis), selama ini terus aktif mengajak masyarakat untuk peduli kelestarian alam, dengan di tanami-nya lahan kosong dan lahan yang terjal maka resiko erosi,banjir,longsor semakin berkurang. (Yud/gw)