Home Berita Peristiwa Nasional Kriminal Laka Pendidikan Pertanian Kabar warga Wisata Sitemaps Privacy policy About as
Facebook  Twitter  Instagram  Youtube

Wednesday, January 13, 2021

Jokowi dan Raffi Ahmad Jadi yang Pertama Disuntik Vaksin Sinovac di Indonesia

Jokowi dan Raffi Ahmad jadi yang pertama
Disuntik Vaksin Sinovac asal China di Indonesia. 
Gemawilis - Presiden Joko Widodo (Jokowi) akhirnya menjadi orang pertama di Indonesia yang divaksin Corona. Jokowi disuntik vaksin Covid-19 Sinovac, Rabu (13/1/2021), di Istana Merdeka bersama sejumlah tokoh dan perwakilan unsur masyarakat.


Salah satu artis papan atas yang mengikuti vaksinasi corona pada gelombang pertama bersama Jokowi di Istana Kepresidenan adalah selebritas Raffi Ahmad.

Dalam proses vaksinasi yang disiarkan langsung melalui akun YouTube Sekretariat Presiden tersebut, tampak Jokowi divaksin corona oleh dokter kepresidenan. Jokowi disuntik di bagian lengan sebelah kiri.

Sebelum disuntik vaksin, Jokowi ditanya oleh dokter apakah pernah mengalami batuk, pilek beberapa hari terakhir, Jokowi jawab tidak.

"Tekanan darah saya diukur, 130/67 mmHg. Normal. Lalu saya ditanya pernah terkonfirmasi positif Covid-19, pernah batuk atau pilek beberapa hari terakhir, pernah mengidap penyakit jantung, atau penyakit lain seperti ginjal? Dan lain-lain. Semua saya jawab tidak, "kata Jokowi.

Vaksin Sinovac sendiri resmi akan digunakan di Indonesia setelah Badan Pengawas Obat dan Makanan ( BPOM) resmi menerbitkan izin penggunaan darurat atau emergency use authorization untuk vaksin Covid-19 Sinovac.

Badan POM memberikan persetujuan penggunaan dalam kondisi emergency, emergency use authorization untuk vaksin Sinovac pada Senin 11 Januari 2021. Setelah berdasarkan analisis terhadap hasil uji klinis dan memastikan bahwa vaksin covid-19 Sinovac aman. Dengan demikian, vaksin Sinovac telah mendapat izin untuk digunakan dalam vaksinasi. 

BPOM meneliti khasiat atau efikasi vaksin Sinovac asal China itu hasilnya dinyatakan mampu membentuk antibodi di dalam tubuh dan mampu membunuh atau menetralkan virus. (Tim/gw)