Home Berita Peristiwa Nasional Kriminal Laka Pendidikan Pertanian Kabar warga Wisata Sitemaps Privacy policy About

Thursday, January 14, 2021

Jaga Keasrian G4park Desa Kepel, Perhutani Tanam Bibit Pohon di Lokasi Wisata

Perhutani, MLDH, Pokdarwis dan warga
bahu membahu menanam bibit pohon di Taman Gigi.
Gemawilis - 
Penanaman pohon penghijauan dalam
upaya untuk memulihkan, memelihara dan meningkatkan kondisi lahan (tanah) agar dapat berproduksi dan berfungsi secara optimal di lakukan oleh Perhutani Kesatuan Pemangkuan Hutan (KPH) Lawu DS bersama Pemdes Kepel Kecamatan Kare, Madiun. Jumat (1/1/2021).

Sebanyak 400 plances jenis bibit pohon seperti Sonokeling, Mahoni dan Durian ditanam di petak 23 wilayah Resort Pemangkuan Hutan (RPH) Gligi, Bagian Kesatuan Pemangkuan Hutan (BKPH) Wilis Utara oleh Perhutani besama anggota LMDH Tani Subur, Pokdarwis Desa Gligi dan masyarakat setempat.

Asisten Perhutani (Asper) BKPH Wilis Utara Puguh Yudhi mengatakan petak 23 merupakan petak rintisan Wana Wisata Taman Gligi atau yang sering disebut G4Park. Oleh sebab itu menurutnya, selain untuk menjaga keasrian sekitar wisata yang menjadi andalan Desa Kepel itu, penanaman pohon juga bertujuan sebagai pengatur tata air atau pelindung yang terjadi terhadap lingkungan serta memberikan manfaat bagi lingkungan dan meningkatkan desain visual permukaan tanah. Sehingga dapat memperkecil terjadinya resiko bencana tanah longsor, kekeringan, dan menjadi resapan air.

"Untuk menjaga kelestarian hutan agar sekitar wisata juga terus terlihat indah hari ini kita tanam bibit di lahan-lahan yang kosong. Lahan kosong itu karena pohonnya mati karena sudah tua termakan usia terus kita sulami sehingga tetap ada gantinya dan lestari kembali, "ungkap Puguh Yudi.

Sementara itu Kepala Desa Kepel Sungkono Sos sangat mengapresiasi kegiatan tersebut dan menyampaikan terima kasih kepada Perhutani khususnya RPH Gligi BKPH Wilis Utara atas sinergitas dengan stakeholder lainnya dalam menjaga kelestarian hutan di lingkungan wilayahnya.

"Kegiatan ini sangat membantu kami terutama untuk wisata taman gligi. Sehingga nantinya wisata kebanggaan desa kami ini akan terus terlihat asri. Terima kasih sudah bahu membahu ikut mendukung dalam pengembangan rintisan lokasi Gligi Forest Park, "ungkap Kades Kepel. (Dian P/gw)

Rekomendasi