Home Berita Peristiwa Nasional Kriminal Laka Pendidikan Pertanian Kabar warga Wisata Sitemaps Privacy policy About
 

Tuesday, January 26, 2021

Dana Desa di Madiun Sudah Cair, PPKM Tahap II Diharapkan Semakin Optimal

Ppkm diperpanjang di kabupaten madiun, ada
kelonggaran yang di berikan pada tahap II (fot: istimewa).
Gemawilis/Berita -
Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Madiun memperpanjang aturan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM), setelah melakukan evaluasi PPKM pada tahap pertama dan melihat situsi terkini penularan Covid-19 di wilayahnya yang masih menunjukkan kecendrungan naik.


PPKM diperpanjang setelah Pemkab Madiun resmi mengeluarkan Surat Edaran (SE) Bupati dengan Nomor 130/48 /402.011.2021 Tentang Perpanjangan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat, pada Selasa 26 Januari 2021.

Hal terebut sejurus dengan Intruksi (Inmendagri) Nomor 2 Tahun 2021 yang dikeluarkan oleh Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian pada 22 Januari 2021 lalu, untuk memperpanjang PPKM di wilayah Jawa-Bali. Dari semula berlaku mulai 11-25 Januari, kini diperpanjang selama 2 minggu kedepan atau hingga 8 Februari 2021.⁣

Lewat Inmendagri itu, kepala daerah diminta untuk mengatur PPKM yang berpotensi dapat menimbulkan penularan virus Covid-19 sesuai dengan kondisi wilayahnya masing-masing.

Perpanjangan PPKM itu berdasarkan dari hasil monitoring yang dilakukan oleh Komite Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional (KPC-PEN) dari hasil PPKM periode tahap pertama (11 hingga 25 Januari 2021).

Kabupaten Madiun sendiri masuk dalam daftar zona merah di Jawa Timur berserta daerah lainnya, yakni Kabupaten Ponorogo, Magetan, Ngawi, Trenggalek, dan Kota Madiun. Sehingga perlu penanganan yang lebih ketat untuk mecegah virus Covid-19 semakin meluas.

Selain daerah di atas, yang melakukan perpanjangan PPKM di Jatim adalah, Surabaya Raya, Malang Raya, Kabupaten Lamongan, Kabupaten Blitar, Kabupaten/Kota Mojokerto, Kabupaten Nganjuk, dan Kabupaten Kediri.

Sementara untuk daerah lain yang tidak masuk dalam kriteria aturan PPKM Pusat dan tidak melaksanakan PPKM karena daerah tersebut tidak masuk dalam kategori zona merah atau mempunyai resiko penularan rendah (zona kuning).

Namun pada PPKM tahap II di Kabupaten Madiun ada kelonggaran yang diberikan Pemkab Madiun kepada masyarakat. Jika tadinya toko perbelanjaan/modern buka dibatasi hanya sampai pukul 19.00, kini pada PPKM jilid II diperbolehkan buka hingga pukul 20.00 Wib.

Kemudian untuk PKL, Restoran, Angkringan yang tadinya dibatasi sampai pukul 19.00, kini boleh menutup usahanya hingga pukul 21.00 Wib. Perkantoran terapkan work from home tadinya 50 persen sekarang menjadi 75 persen. Untuk sekolah online dan tempat ibadah tetap 50 persen dari kapasitas.

Bupati Madiun H. Ahmad Dawami saat mengikuti Rapat Evaluasi PPKM tahap I Provinsi Jatim yang di laksanakan secara virtual pada Selasa (26/1/2021) di Posko PPMK Kabupaten Madiun bersama Dandim 0803 dan Kapolres Madiun memaparkan pihaknya telah melakukan swab kepada 1342 orang, 2640 rapid anti body, dan menolak 1891 orang dari luar yang tidak membawa laporan rapid antigen selama diterapkannya PPKM tahap pertama.

Sedangkan untuk PPKM tahap II ini, operasi yustisi akan dilakukan lebih masif lagi. Bupati Madiun juga mengatakan sudah meningkatkan segala persiapan, tempat perawatan di RSUD Caruban, Dolopo, Kampung Tangguh Semeru, begitupun dengan DD, Dana Desa di Madiun sudah cair sehingga PPKM tahap II diharapkan bisa semakin optimal.

"Jadi sejak awal PPKM pertama memang sudah terjadi kenaikan kasus, kemudian kita gencar lakukan tracing, dan munculah angka yang cukup tinggi itu. Yang jelas rapat evluasi PPKM I hari ini akan kami jadikan pedoman untuk PPKM tahap II agar berjalan semakin baik lagi, "kata Bupati Madiun. (Tim/gw)

Topik Lain