Home Berita Peristiwa Nasional Kriminal Laka Pendidikan Pertanian Kabar warga Wisata Sitemaps Privacy policy About

Sunday, January 10, 2021

Cara Tanam Jahe Merah di Polybag Agar Cepat Bisa Dipanen

Budidaya jahe merah saat ini menjadi salah satu
usaha agrobisnis yang cukup populer (fot: istimewa)
Gemawilis - latinnya Zingiber officinale rosch, atau di Indonesia disebut 'Jahe merah' merupakan tanaman yang mempunyai rimpang berwarna merah atau
tumbuhan rumpun berbatang semu. Ukuran jahe merah pun lebih kecil daripada jahe putih, kuning atau jahe badak.

Jika jenis jahe yang lain dipanen atau dinikmati saat usianya masih muda atau sudah tua, untuk jahe merah umumnya baru bisa dipanen hanya ketika sudah tua saja.

Alasan jahe merah di panen saat usianya sudah tua adalah, karena jahe merah jika sudah tua akan mengandung minyak atsiri yang lebih banyak dibanding jahe biasa. Oleh sebab itu rasa jahe merah akan terasa lebih pedas dibanding dengan jenis jahe lainnya.

Jahe merah sendiri berasal dari Asia Pasifik yang menyebar dari India sampai ke china dan biasa digunakan untuk obat dan rempah.

Saat ini budidaya jahe merah menjadi salah satu usaha di bidang agribisnis yang cukup populer dan cukup menguntungkan. Karena memang permintaan akan jahe merah cukup tinggi baik pasar dalam negeri maupun luar negeri.

Rimpang jahe merah biasanya digunakan untuk bahan baku membuat obat-obatan dan juga bahan makanan. Bisa dikatakan untuk kedepan usaha budidaya jahe merah mempunyai potensinya yang sangat baik.

Nah, berikut tips menanam jahe merah agar bisa cepat dipanen:

Siapkan media tanam berupa tanah yang sudah dicampur dengan pupuk kandang dengan perbandingan 1:1. Diamkan tanah yang sudah dicampur pupuk kandang selama seminggu agar menjadi humus yang baik.

Kemudian setelah tanah didiamkan selama 1 minggu, siapkan polybag dan masukan tanah ke dalamnya. Dan pilih bibit jahe merah yang berkualitas baik, kalau bisa pilih yang tidak ada bekas hama.

Selanjutnya tanam bibit jahe merah ke media tanah yang ada di polybag dan pastikan tanah dan pupuk kandang sudah menyatu dengan baik. Jangan tutup bibit terlalu rapat di bagian tunas agar bisa tumbuh dengan baik dan leluasa nantinya.

Jangan lupa, setelah tubuh bersihkan gulma di bawah pohon dan berikan pemupukan setiap sebulan sekali untuk tumbuh kembang tanaman jahe merah.

Selanjutnya jahe merah akan siap dipanen jika sudah memasuki umur 3 sampai 4 bulan. Selamat mencoba, semoga sukses. (Tim/gw)

Rekomendasi