Home Berita Peristiwa Nasional Kriminal Laka Pendidikan Pertanian Kabar warga Wisata Sitemaps Privacy policy About as
Facebook  Twitter  Instagram  Youtube

Tuesday, January 05, 2021

Berkebun Durian Prospek Bagus Untuk Investasi Masa Tua

Berkebun durian mempunyai prospek bagus
untuk investasi pada masa tua (fot: istimewa.
Gemawilis - 
Durian, raja segala jenis buah. Satu kalimat yang sering digaungkan para maniak buah terutama yang sangat gandrung pada buah berkulit duri satu ini.


Rasa identik legit manis dan rasa pahit yang tak mau ketinggalan membuat buah ini begitu disukai semua kalangan.

Durian juga kaya akan gizi dan vitamin. Dalam 100 gram buah durian terkandung hampir 150 kalori, yang berasal dari 5,3 gram lemak, 98 gram karbohidrat, dan 5 gram protein. Total kalori dari 100 gram buah durian ini cukup untuk memenuhi 7 persen kebutuhan kalori kita dalam sehari.

Oleh sebab itu saat musim panen raya tiba (pertengahan musim hujan), durian banyak diburu oleh para pecinta kuliner buah. Tak khayal mulai dari pinggir jalan, di pasar-pasar, di mall, bahkan di sosial media, banyak sekali buah musiman ini dijajakan.

Harga yang di tawarkan juga bervariasi mulai harga puluhan ribu hingga ratusan bahkan jutaan rupiah per buahnya. Jenisnya juga beragam mulai jenis lokal hingga import juga disediakan.

Namun sayang, belum banyak dijumpai khususnya kabupaten Madiun, para petani yang khusus menekuni budidaya buah ini. Pohon durian yang sering dijumpai seakan hanya untuk pohon pelengkap. Bukan untuk komuditi unggulan di kebun. Padahal jika dicermati lagi, pangsa pasar dan celah komuditi unggulan Durian sangat berpotensi menjadi pundi-pundi rupiah yang menggiurkan.

Durian jenis montong Super Bali contohnya. Banyak digerai buah menawarkan harga hingga 50 ribuan per kilogramnya. Jika satu buah Durian berbobot 5kg harganya bisa mencapai 200 ribuan. Jika 1 pohon bisa menghasilkan 20 buah tinggal dikalikan saja kalkulasi tersebut. Belum lagi jika di kebun ada lebih satu pohon. Wow menjanjikan bukan.

Belum lagi jenis unggulan seperti Bawor, Musang King, Duri Hitam, Petruk, Bokor, Matahari, Tembaga dll yang juga rekomendasi untuk di budidayakan.

Dari segi harga jual buah yang lumayan tinggi. Harga bibit jenis unggula di tawarkan dengan harga yang yang relatif dapat dijangkau para petani. Tergantung spek yang ditawarkan para pembudidaya bibit tersebut.

Potensi ini perlu dilihat para petani yang mempunyai lahan yang cukup dan belum ditanami buah raja ini. Sebab jenis bibit yang banyak dijual sekarang merupakan hasil dari okulasi yang diprediksi kurang dari 10 tahun dapat berbuah. (Ds/gw) 

BERITA TERKAIT