Home Berita Peristiwa Nasional Kriminal Laka Pendidikan Pertanian Kabar warga Wisata Sitemaps Privacy policy About as
Facebook  Twitter  Instagram  Youtube

Friday, January 01, 2021

Beredar Isu Pasar Gondosuli Desa Kare Akan Ditutup Per 1 Januari, Ini Faktanya

Suasana pagi pasar Gondosuli Desa Kare
Jumat 1 Januari 2021, aktifitas berjalan seperti biasa.
Gemawilis - Marak klaster terbaru penyebaran Covid-19 di kawasan lingkungan pasar berimbas pada penutupan pasar. Salah satu pasar yang sudah di tutup di wilayah Kabupaten Madiun adalah Pasar Dungus yang berada di Jl. Raya Dungus/Wungu, menyusul adanya salah satu pedagang pasar yang terpapar Covid-19.


Seperti diketahui, motor penggerak ekonomi warga berpusat di pasar, sehingga pemerintah memang harus dengan cepat menyikapi dampak yang akan terjadi. Jika pasar ditutup atau pun sebaliknya, keduanya ada min plus nya. Perekonomian warga terganggu atau Covid-19 mengancam.

Sehubungan dengan kasus tersebut. Setelah beberapa hari lalu pasar Dungus telah menutup rapat segala aktifitas di lingkungan pasar karena terdapat beberapa pedagang yang setelah di test rapid hasilnya reaktif Covid-19.

Imbas dari itu berita tentang pasar Gondosuli Desa Kare Kecamatan Kare akan ditutup khusus untuk pembeli dan pedagang yang berasal dari luar desa Kare per tanggal 1 Januari 2021 hingga waktu yang belum ditentukan pun beredar di masyarakat.

Faktanya setelah kami telusuri ternyata hal tersebut tidak benar. Berdasarkan musyawarah Satgas Penanganan dan Pencegahan Covid-19 Desa Kare, Kamis (31/12/2020) sore, terkait aktifitas Pasar Gondosuli hanya membahas tentang himbauan untuk para pedagang maupun pembeli agar meningkatkan protokol kesehatan yang telah berjalan.

Kepala Desa Kare, H. Sunarno saat ditemui mengatakan pihaknya hanya menghimbau agar para pedagang lebih disiplin dan taat peraturan Prokes yang selama ini sudah di berlakukan mengingat saat ini Desa Kare sudah tidak lagi dalam zona hijau atau kuning.

"Hanya diperketat, aktifitas berjalan seperti biasa. Tadinya mau ditutup tetapi menimbang kebutuhan dan perekonomian warga akirnya di rapatkan kembali dan tidak ada penutupan, "kata H. Sunarno. Kamis (31/21/2020) malam.

Itu kan pasar tempat masyarakat mencari nafkah, lanjut Kades Kare, misal di tutup kasihan mereka. Cuman nanti akan kami tempatkan petugas satgas di pintu masuk pasar. Semua yang masuk harus di cek dan wajib memakai masker, "tegasnya.

Sementara Kepala Dusun Gondosuli Desa Kare, Nanang Rahmad Efendi saat di konfirmasi lewat saluran Whatsapp mengatakan, "Tadi pagi disepakati untuk pembatasan, namun ternyata tidak ada aturan yang menjelaskan pembatasan, akhirnya sore dirapatkan lagi, dan begitulah hasilnya, "balasnya singkat. (Tjr/gw)