Home Berita Peristiwa Nasional Kriminal Laka Pendidikan Pertanian Kabar warga Wisata Sitemaps Privacy policy About as
Facebook  Twitter  Instagram  Youtube

Sunday, December 27, 2020

Tiga Tahun Derap Langkah Nyata Pemuda Madiun Bergerak

My Galery PMB, scrool ke atas.
PMB bikin Cantolan Berkah.
PMB tanam pohon buah bersama warga.
Anggota PMB bersama warga kompak.
Warga mendapat bibit sayuran dari PMB
Giat kebersamaan anggota PMB.
PMB tanam bunga disepanjang jalan.

Gemawilis - Selain bertugas sebagai pilar penggerak dan agen perubahan, pemuda juga memiliki peran penting dalam menyejahterakan lingkungan. Sebab, pemuda adalah aset yang potensial dan mahal untuk kejayaan masa depan sebuah bangsa. Dan hal itulah yang selama ini di emban oleh para pemuda yang terhimpun dalam komunitas Pemuda Madiun Bergerak (PMB).

Tiga Tahun berdiri, PMB nyata telah banyak berkontribusi dalam membantu lingkungan, meringankan beban warga dan juga membantu pemerintah dalam menyejahterakan masyarakat kususnya di wilayah Kabupaten Madiun, baik dalam aksi sosial, pendidikan, dan juga kesehatan yang selama ini dilakukannya.

Semangat PMB untuk ikut andil membantu lingkungan dalam menyejahterakan masyarakat memang tak pernah surut. Hal itu juga terlihat dari semangat para anggotanya, seperti hari ini misalnya, menandai hari jadinya ke 3 Tahun, PMB menggelar aksi lingkungan bersama warga Desa Sambirejo RT 13 Kecaman Geger Madiun. Minggu (27/12/2020) pagi.

Ketua PMB, Irwan Budi menuturkan giat aksi lingkungan yang di lakukan bersama para anggota PMB di Desa Sambirejo itu untuk memperingati hari jadi PMB yang ke 3 Tahun.

"Ini giat ultah PMB yang ke 3 tahun, dan kami adakan di desa Sambirejo bersama warga. Isi kegiatannya bermacam-macam, ada pemanfaatan pekarangan dengan menanam sayuran. Per KK diberi 10 sayuran lengkap dengan polibag serta media, "ungkapnya.

Selain penanaman sayuram, dalam giat itu PMB juga menanam tabulampot (tanaman buah dalam pot) dan menanam tanaman hias di ban bekas yang di cat di sepanjang jalan di RT. 13, Desa Sambirejo serta membuat Cantelan Berkah.

"Kami juga membuat centelan berkah. Jadi setiap hari jumat warga bisa memberi maupun mengambil bungkusan yang ada di centelan untuk di manfaatkan, "ungkap pemilik kebun bibit Pemuda Tani itu.

PMB sendiri adalah komunitas sosial yang sudah berbadan hukum di Kabupaten Madiun dan berdiri sejak 24 Desember 2017. Menurut Irwan, sampai saat ini anggota PMB sudah ada sekitar 400 orang.

"Aksi kami ada banyak, setiap jumat kami rutin berbagi nasi dan sembako. Ada juga aksi Gercep (gerak cepat) untuk membantu mereka yang membutuhkan baik di lingkup kabupaten maupun kota. Pogram terbaru kami untuk memaksimalkan kualitas pendidikan untuk anak yatim piatu dan dhuafa ada Program Orang Tua Asuh, "pungkas Irwan Budi. (Ib/gw)

BERITA TERKAIT