Home Berita Peristiwa Nasional Kriminal Laka Pendidikan Pertanian Kabar warga Wisata Sitemaps Privacy policy About as
Facebook  Twitter  Instagram  Youtube

Wednesday, December 30, 2020

Satlantas Polres Madiun Larang Motor Pakai Knalpot Brong, Langgar UU dan Bisa Dipenjara

Petugas Satlantas Polres Madiun datangi
bengkel motor himbau larangan knalpot brong.
Gemawilis - 
Satlantas Polres Madiun terus melakukan sosialisasi dan himbauan kepada bengkel sepeda motor terkait larangan penggunaan knalpot brong di wilayah Kabupaten Madiun.


Setelah beberapa waktu lalu sempat mendatangi bengkel yang ada di daerah Caruban, kali ini giat kembali dilakukan di Desa Sangen Kecamatan Geger Madiun. Selasa (29/12/2020).

Selain memberikan himbauan kepada pihak bengkel, petugas juga melakukan penempelan stiker larangan knalpot brong dengan harapan pemilik bengkel tidak menerima pemasangan dan juga tidak menjual knalpot brong.

“Penempelan stiker di bengkel motor tujuannya untuk mengingatkan kepada pemilik bengkel agar tidak menerima pemasangan dan juga tidak menjual knalpot jenis brong, "ungkap Kasat Lantas Polres Madiun AKP Ari Bayuaji.

Lebih lanjut Kasat Lantas Polres Madiun menjelaskan bagi warga masyarakat yang mengganti knalpot tidak sesuai dengan spektek termasuk melanggar Undang-Undang No. 22 tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan Pasal 285 ayat 1.

“Selain suaranya yang sangat berisik dan mengganggu, pengendara yang memakai knalpot brong tidak sesuai dengan spektek itu melanggar UU No 22 tahun 2009 tentang LLAJ pasal 285 ayat 1 dan bisa di pidana paling lama 2 bulan atau denda paling banyak Rp. 250.000, "jelas Ari Bayuaji.

Sementara terkait pergantian tahun baru 2021, Kasat Lantas juga berpesan supaya masyarakat Kabupaten Madiun tidak merayakannya seperti tahun-tahun sebelumnnya karena situasi pandemi covid-19 yang masih terus mengancam.

Masyarakat tidak boleh pesta menyalakan kembang api, petasan, dan juga tidak boleh mengadakan konvoi arak-arakan apa lagi memasang knalpot brong pada kendaraannya.

“Kami menghimbau kepada masyarakat tahun baru tidak boleh melakulan konvoi dan tidak memasang knalpot brong dikendaraannya, jika masih kedapatan menggunakan knalpot brong kami akan tindak sesuai dengan peraturan lalu lintas yang berlaku, "tegas Satlantas Polres Madiun. (Humresmd/gw)