Home Berita Peristiwa Nasional Kriminal Laka Pendidikan Pertanian Kabar warga Wisata Sitemaps Privacy policy About as
Facebook  Twitter  Instagram  Youtube

Tuesday, December 22, 2020

Libur Tahun Baru, Tempat Wisata di Kabupaten Madiun Dilarang Mengadakan Hiburan

Tempat wisata di Kabupaten Madiun
dilarang untuk menggelar hiburan saat libur Nataru.
Gemawilis - 
Libur Natal dan Tahun Baru (Nataru) menjadi momen paling ditunggu oleh sebagian besar masyarakat. Namun tahun ini rupanya libur Nataru tak semanis tahun-tahun sebelumnya. Pasalnya Pemprov Jatim mengambil kebijakan terkait hal tersebut.


Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa mengatakan kebijakan diambil setelah melihat track record sebelumnya, dimana setiap libur panjang dan perayaan hari besar, kasus Covid-19 di Jatim selalu naik.

Khofifah Indar Parawansa, melarang wisata air di seluruh Jatim dibuka selama libur Nataru 2021. Setiap hotel atau tempat wisata yang punya kolam renang tidak dibolehkan untuk dibuka, "ujar Khofifah, Senin (21/12/2020).

Selain itu, Gubernur menegaskan, pengunjung wajib membawa rapid test, rapid test antibodi atau rapid test antigen untuk masuk ke tempat wisata dan hotel di kawasan wisata selama perayaan libur Nataru 2021.

"Jadi posisinya tidak diperkenankan melakukan pesta pergantian tahun. Setiap hotel atau tempat wisata yang punya rekreasi air atau kolam renang tidak dibenarkan untuk dibuka. Khusus wisata air, yaitu kolam renang dilarang buka, "tegas Gubernur Jatim itu.

Sedangkan untuk kapasitas hotel yang berada di zona merah selama libur Nataru tidak boleh di isi lebih dari 25 persen. Sedangkan untuk zona oranye maksimum kapasitas 50 persen.

Sementara itu, di Kabupaten Madiun, guna mencegah terjadinya kerumunan warga pada saat libur Nataru 2021, tempat wisata di wilayah Kabupaten Madiun dilarang mengadakan kegiatan hiburan.

Hal tersebut dikatakan oleh Bupati Madiun Ahmad Dawami usai Apel Gelar Pasukan Operasi Lilin Semeru 2020, pada hari Senin (21/12/2020) di Lapangan Tribrata Polres Madiun.

Bupati mengatakan seluruh tempat wisata di Kabupaten Madiun diminta untuk tidak mengadakan kegiatan hiburan pada saat malam tahun baru maupun perayaan tahun baru. Meski demikian, tempat wisata tetap diperbolehkan untuk dibuka atau beroperasi pada saat perayaan tahun baru.

“Untuk di tempat wisata diharapkan tidak menggelar hiburan, supaya potensi pengumpulan massa tidak terjadi, "ungkap Bupati Madiun. (Tim/gw)