Home Berita Peristiwa Nasional Kriminal Laka Pendidikan Pertanian Kabar warga Wisata Sitemaps Privacy policy About as
Facebook  Twitter  Instagram  Youtube

Monday, December 07, 2020

Kapulaga, Tanaman Prospek Untuk Usaha Pertanian, Sekali Tanam Panen Selamanya

Kapulaga, prospek untuk usaha pertanian
sekali tanam bisa panen selamanya (fot: istimewa)
GEMAWILIS.COM - 
Selain tanaman Porang, ada lagi tanaman yang mempunyai prospek bagus dan perlu dicoba oleh para petani pada saat ini, yakni Kapulaga atau biasanya masyarakat (jawa khususnya) akrab menyebut Kapulogo.


Kapulaga, atau kapulogo adalah salah satu tanaman jenis rempah yang dihasilkan dari biji tanaman genus Amomum dan Elettaria, satu keluarga dengan jahe-jahean.

Kapulaga biasa digunakan untuk bumbu masakan dan sebagai campuran pada jamu atau obat tradisional. Kapulaga merupakan tanaman asli dari Bangladesh, Bhutan, India, Nepal, Pakistan, dan Indonesia.

Tanaman kapulaga sendiri di Indonesia ada 2 macam jenis, yakni Amomum compactum (kapulaga jawa) dan Elettaria cardamomum (kapulaga india)

Tanaman jenis jahe-jahean ini bisa tumbuh dengan baik pada daerah yang beriklim tropis, sedang, maupun gersang sekalipun. Jenis tanah yang baik untuk memanam Kapulaga adalah tanah humus dan gembur serta memiliki sistem drainase yang baik dengan pH seitar 5,6-6,8.

Kapulaga juga merupakan jenis tanaman yang tidak membutuhkan banyak cahaya (sinar matahari) secara penuh. Intensitas cahaya ideal untuk kapulaga adalah 30%-70%. Maka disarankan untuk membudidayakannya dengan sistem tumpang sari atau tumpang sela pada tanaman perkebunan sehingga tidak membutuhkan lahan khusus.

Menurut para petani, penanaman kapulaga baik dilakukan pada awal musim hujan November - Desember dengan cara pada setiap lubang tanam di beri 2 bibit kemudian bibit ditimbun dengan tanah sedikit dipadatkan agar bibit tidak mudah rebah atau tetap kokoh.

Jarak lubang tanam 1 meter x 1,5 meter atau 1 meter x 2 meter. Sebelum di tanam disarankan beri pupuk dasar pada setiap lubang dengan pupuk kompos atau pupuk kandang secukupnya.

Keuntungan menanam kapulaga adalah cukup sekali tanam tetapi bisa panen berkali-kali. Sebab, kapulaga merupakan tanaman yang menpunyai umur cukup panjang sekitar 12-15 tahun dengan catatan kondisi dan perawatan yang baik.

Pada umumnya kapulaga dapat dipanen pada umur 3 tahun setelah penanaman. Sedangkan cara pemanenannya dapat dilakukan bergantung ada tidaknya buah kapulaga yang matang, jadi bisa disesuaikan dengan kondisi buah secara bertahap atau bisa dilakukan setiap 7 hari sekali. (Ds/gw)

BERITA TERKAIT