Home Berita Peristiwa Nasional Kriminal Laka Pendidikan Pertanian Kabar warga Wisata Sitemaps Privacy policy About as
Facebook  Twitter  Instagram  Youtube

Sunday, December 06, 2020

Hujan Deras, 6 Kecamatan di Madiun Kebanjiran 48 Jiwa Mengungsi

Hujan menggenangi sejumlah wilayah di
enam Kecamatan di Kabupaten Madiun (fot: istimewa)
Gemawilis - 
Sekitar lima jam hujan deras mengguyur Kabupaten Madiun mengakibatkan beberapa wilayah tergenang air. Dikabarkan puluhan rumah terendam dan sebanyak 48 orang terpaksa mengungsi akibat banjir.


Akibat hujan deras yang berlangsung pada Sabtu (6/12/2020) sore hingga malam tersebut debit air di beberapa sungai pun meluap hingga mengakibatkan banjir masuk ke area pemukiman milik warga.

Tercatat ada beberapa titik di 6 Kecamata yang tergenang banjir. Selain jalanan dan rumah warga, beberapa area persawahan pun ikut kebanjiran.

Banjir diantaranya juga menggenangi sejumlah jalan raya, seperti Jalan Raya Madiun-Surabaya di Desa Sugihwaras Kecamatan Saradan, ketinggian air mencapai sekitar 35 cm.

Selain banjir, hujan deras bercampur angin juga menumbangkan satu pohon trembesi di Desa Buduran, Kecamatan Wonoasri.

Muhammad Zahrowi, Kepala BPBD Kabupaten Madiun, mengatakan hujan deras pada Sabtu sore hingga malam itu telah menyebabkan beberapa desa di enam kecamatan kebanjiran.

“Banjir ada di 6 kecamatan. Ada kiriman air dari hulu, akhirnya banyak sungai yang tidak mampu menampung air dan meluap. Ada 16 keluarga terdiri dari 48 jiwa di Desa Purworejo, Kecamatan Pilangkenceng mengungsi di tempat yang lebih tinggi. 3 orang tua, 6 balita, dan 1 penyandang disabilitas, "kata M. Zahrowi.

Beberapa wilayah yang mengalami kebanjiran di antaranya Desa Banjarsari Kecamatan Madiun, Desa Tempursari Kecamatan Wungu, Desa Buduran Kecamatan Wonoasri, Desa Sugihwaras Kecamatan Saradan, Desa Ngadirejo Kecamatan Wonoasri, Desa Purworejo Kecamatan Pilangkenceng, Desa Warurejo Kecamatan Balerejo, dan Desa Bajulan Kecamatan Saradan. (Tim/gw)