Home Berita Peristiwa Nasional Kriminal Laka Pendidikan Pertanian Kabar warga Wisata Sitemaps Privacy policy About as
Facebook  Twitter  Instagram  Youtube

Friday, December 04, 2020

Berdayakan UMKM Dungus Forest Park Gelar Pasar Hutan 'Dungus Forest Mart' Berkelanjutan

Pasar Hutan 'Dungus Forest Mart' akan di
mulai pada hari Sabtu 5 Desember 2020, pagi.
Gemawilis - 
Guna mendongkrak kembali laju perekonomian ditengah pandemi, rest area Madiun Timur yang berada di Jl. Raya Kandangan yang lebih dikenal dengan sebutan Dungus Forest Park (DFP) di Kelurahan Wungu Madiun, tepatnya belakang RSU Dungus, akan menggelar Pasar Hutan "Dungus Forest Mart".


Jika bicara terkait Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) memang tidak bisa hanya menjadi urusan pemerintah, melainkan semua pihak harus ikut terlibat. Sebab, dengan konsep bergerak bersama, semua pihak dapat nyengkuyung dalam menyukseskan program-program pemerintah, termasuk UMKM.

Pasar Hutan atau Dungus Forest Mart (DFM) sendiri rencananya akan di laksanakan secara rutin pada setiap hari Sabtu dan Minggu pada jam pagi sekitar pukul 06.00, dan akan di launching besok pada hari Sabtu (05/12/2020) dan selanjutnya berlaku permanen secara berkelanjutan kedepan.

Digagasnya ide DFM tersebut sebagai salah satu langkah dalam memajukan sektor UMKM di wilayah Madiun Timur khususnya di Kelurahan Wungu dan sekitarnya.

Ketua Pasar Hutan DFM, Endah Pramusanti mengatakan, program sinergi tersebut dilakukan bersama beberapa pihak seperti para pelaku usaha kreatif, UMKM lingkungan setempat, pihak Kelurahan Wungu, Perhutani, dan beberapa dinas serta seponsor terkait lainnya.

Dia berharap, melalui program Pasar Hutan tersebut nantinya dapat membuat iklim wirausaha menjadi kembali bergairah dan positif setelah sempat tersendat akibat dengan adanya pandemi Covid-19.

"Jika Dungus Forest Mart yang di isi UMKM ini nanti berkembang, maka nantinya ekonomi di masyarakat juga akan terus meningkat. Produk yang dihasilkan pun dapat bersaing, "ungkap Penyuluh Kehutanan tersebut.

Di lain sisi, Herutomo pemilik dan penggagas DFP menyambut baik konsep yang dimunculkan oleh tim kreatif DFM itu. "Semoga bermanfaat untuk masyarakat dan dapat mengembangkan potensi UMKM di Kabupaten Madiun, "ungkapnya singkat. (Tjr/gw)

BERITA TERKAIT