Home Berita Peristiwa Nasional Kriminal Laka Pendidikan Pertanian Kabar warga Wisata Sitemaps Privacy policy About as
Facebook  Twitter  Instagram  Youtube

Monday, December 21, 2020

10 Pelestari Lingkungan Mendapat Penghargaan Kalpataru dan Nirwasita dari KLHK

Sejumlah Tokoh pelestari lingkungan menerima
penghargaan Kalpataru dari KLHK di Jakarta (fot: KLHK).
Gemawilis - 
Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) menganugrahkan penghargaan kepada 10 tokoh dan kelompok masyarakat yang
dinilai telah berhasil dalam pelestarian lingkungan melalui prakarsanya sendiri.

Penyerahan penghargaan langsung di berikan oleh Menteri LHK Siti Nurbaya di Jakarta, Senin (21/12/2020). Penghargaan Kalpataru dan Nirwasita Tahun 2020 sensiri dibagi dalam sejumlah kategori yaitu, Perintis, Pengabdi, Penyelamat, dan Pembina, serta Penghargaan Khusus.

Kategori Perintis, penghargaan di berikan kepada Zeth Wonggor, dari Kabupaten Manokwari, Papua Barat, dan Sadikin dari Kabupaten Bengkalis, Riau. Kemudian untuk Kategori Pengabdi, penghargaan diserahkan kepada Wasito dari Kabupaten Kendal, Jawa Tengah, dan Saraba Kota Makassar, dari Sulawesi Selatan.

Selanjutnya untuk Kategori Penyelamat KLHK menyerahkan kepada Masyarakat Hukum Adat (MHA) Punan Adiu, dari Kabupaten Malinau, Kalimantan Utara, Komunitas Hatabosi (Haunatan, Tanjung Rompa, Bonan Dolok dan Siranap) Kabupaten Tapanuli Selatan, Provinsi Sumatera Utara, dan Bening Saguling Foundation Kabupaten Bandung Barat, Provinsi Jawa Barat.

Sementara Kategori Pembina diperoleh Ir. Ida Ayu Rusmarini, MP dari Kabupaten Gianyar Bali, Zofrawandi dari Kabupaten Solok, Sumatera Barat, dan RB. Sutarno dari Kota Jakarta Utara, DKI Jakarta.

Sesangkan Kategori Penghargaan Khusus dianugerahkan kepada Kelompok Pelestarian Cendrawasih "Botenang" Sawendui Kabupaten Kepulauan Yapen, Provinsi Papua,  dan Yal Yudian Kabupaten Sijunjung, Provinsi Sumatera Barat.

Selain itu, Menteri LHK juga memberikan penghargaan Green Leadership Nirwasita Tantra kepada Kepala Daerah dan DPRD Tingkat Provinsi, Juara 1 diberikan kepada Provinsi Sumatera Barat , Juara 2 Provinsi Jawa Tengah, dan Juara 3 Provinsi Jawa Barat. Ketiga Provinsi tersebut dinilai telah berperan aktif dalam pembangunan Lingkungan Hidup selama ini di daerahnya masing-masing.

“Kita bersyukur karena masih memiliki pejuang-pejuang lingkungan di Indonesia yang mengabdi dan berkorban untuk melestarikan lingkungan hidup dan kehutanan. Penerima penghargaan Kalpataru adalah tokoh penting dalam bidang lingkungan hidup dan kehutanan, "kata Menteri Siti Nurbaya. Source: KLHK (Tim/gw)