Home Berita Peristiwa Nasional Kriminal Laka Pendidikan Pertanian Kabar warga Wisata Sitemaps Privacy policy About

Tuesday, November 17, 2020

Tidak Puas Dengan Pengumuman Seleksi Perangkat Desa, Belasan Warga Protes Ke Kantor Desa

Belasan calon pendaftar protes ke Kantor Desa.
Gemawilis - Beberapa desa di Kecamatan Balerejo Madiun pada tahun 2020 ini, sedang melakukan penjaringan jabatan perangkat desa yang kosong. Salah satu desa yang juga melakukan penjaringan calon perangkat adalah desa Kebonagung, tetapi setelah melalui tahap pemberkasan muncul polemik antar peserta dengan pihak panitia.


Karena tidak puas dengan pengumuman panitia seleksi pendaftaran administrasi, akhirnya belasan warga calon peserta melakukan protes dengan mendatangi Kantor Desa Kebonagung Kecamatan Balerejo, Madiun. Senin (16/11/2020).

Salah satu peserta seleksi Galih Dwi Saputra, mengatakan dirinya tidak lolos lantaran telat menyetorkan surat keterangan sehat jiwa dan bebas narkoba. Karena batas penyetoran berkas terakhir pada 10 November, sedangkan dirinya baru menyetorkan setelah tanggal 12 November.

Namun, sebelumnya panitia sudah menjelaskan untuk surat keterangan sehat jiwa dan bebas narkoba dari rumah sakit bisa diserahkan sebelum 13 November.

Namu, Galih dan calon peserta seleksi yang lainnya kaget karena saat pengumuman dinyatakan tidak lolos karena alasan pemberkasan.

"Saya sebelumnya sudah konsultasi pada panitia. Karena surat keterangan sehat dan bebas narkoba belum jadi pada 10 November. Panitia menjawab bisa sebelum 13 November, "ungkapnya.

Dengan alasan penyetoran berkas yang telat melebihi batas waktu yang telah ditentukan, 14 pendaftar pun merasa kecewa lantaran dinyatakan tidak lolos pemberkasan oleh pihak panitia.

Didik Purwanto, Ketua Panitia Pengisian Perangkat Desa Kebonagung, saat audiensi tidak bisa menjawab banyak. Bahkan saat peserta bertanya terkait hal itu pihaknya mengakui memiliki SDM yang rendah sehingga kurang tegas dalam pelaksanaan regulasi.

Tahun 2020 ini pengisian perangkat Desa Kebonagung memiliki dua jabatan yang kosong, Kepala Urusan (Kaur) Perencanaan, dan Kamituwo. Sementara total peserta seleksi sebanyak 31 orang. Sekitar 17 orang sudah lolos pemberkasan yang selanjutnya akan mengikuti proses seleksi berikutnya. (Tim/gw)

Rekomendasi