Home Berita Peristiwa Nasional Kriminal Laka Pendidikan Pertanian Kabar warga Wisata Sitemaps Privacy policy About as
Facebook  Twitter  Instagram  Youtube

Wednesday, November 04, 2020

Sengketa Lahan Kebun Kopi Kandangan dengan Warga Desa Kare Belum Selesai, Tim 9 Datangi Kantor BPN Madiun

Tim 9 Kare Nyawiji datangi Kantor BPN Kabupaten Madiun.
Gemawilis - Sengketa Lahan Perkebunan Kopi Kandangan. Perjuangan warga desa Kare Kecamatan Kare Madiun belum berakhir terkait sengketa lahan dengan pihak PT. Perkebunan Kopi Kandangan. Tim 9 terus mencari solusi guna menyelesaikan permasalah tersebut.

Menindaklanjuti hasil audiensi pada tanggal 19 Oktober 2020 dengan komisi B di Gedung DPRD Kabupaten Madiun, perwakilan warga desa Kare (tim 9) pada hari Rabu (4/11/2020) mendatangi Kantor Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) Kabupaten Madiun guna meminta kejelasan terkait Hak Guna Usaha (HGU) PT. Perkebunan Kopi Kandangan yang bermasalah. 

Kepala BPN Kabupaten Madiun Ardi mengatakan pihaknya akan menampung dan menyerahkan pendaftaran perpanjangan ijin HGU PT. Perkebunan Kopi Kandangan ke ATR/BPN pusat. Karena untuk menentukan layak dan tidaknya perpanjangan HGU yang sudah mati sejak tahun 2012 milik PT. Perkebunan Kopi yang berada di lereng gunung Wilis tersebut bukan ranah mereka. 

"Benar, bahwa HGU PT. Perkebunan Kopi Kandangan sudah berakhir sejak tahun 2012, tetapi untuk menentukan kelayakan perpanjangan ijin HGU kembali itu bukan ranah kami, "tegasnya. 

Sementara itu, Ketua tim 9 "Kare Nyawiji" Darsyanto mengungkapkan hasil pertemuannya dengan pihak BPN Kabupaten Madiun menjadi hal yang baik untuk melangkah kedepan guna mengurai permasalahan tersebut. 

"Hasil dari pertemuan positif, artinya apa yang menjadi permasalahan yang kami tanyakan dijawab dengan baik oleh BPN Kabupaten Madiun, "ungkap Ketua tim 9 itu. 

Darsyanto menambahkan agar permasalahannya bisa segera selesai pihakanya berencana akan kembali mendatangi DPRD Kabupaten Madiun pada pekan depan. (Tim/gw)