Home Berita Peristiwa Nasional Kriminal Laka Pendidikan Pertanian Kabar warga Wisata Sitemaps Privacy policy About as
Facebook  Twitter  Instagram  Youtube

Saturday, November 07, 2020

Sejarah Tahu? Tahu Bulat, Digoreng Dadakan, Dimobil 500san, Halal...

Gambar penjual tahu bulat keliling (fot: ilustrasi)
Gemawilis - 
Siapa orang di negeri ini yang tak kenal kuliner yang satu ini, Tahu, begitulah orang di negeri ini menyebutnya.


Tahu merupakan makanan yang dibuat dari rendaman kacang kedelai perasan dan difermentasi dengan air cuka, kemudian disaring dan dikukus sehingga lahirlah Si Tahu.

Kedelai sendiri merupakan jenis tanaman kacang-kacangan yang memiliki beragam manfaat diantaranya sebagai bahan pembuatan Susu, Kecap, Tempe, Tauco, dan Tahu.

Nah, jika sejarah Tahu sendiri awalnya berasal dari negeri seberang yakni Tiongkok. Disana kuliner ini dikenal dengan nama 'Tauhu' kemudian masuk ke Indonesia dan berdaptasi dengan lidah lokal kemudian disebut 'Tahu'.

Asal muasal Tahu pada awalnya ditemukan oleh seorang bangsawan bernama Liu An, cucu kaisar Han Goazu pendiri Dinasti Han.

Tahu kemudian menyebar ke berbagai negara karena adanya perdagangan lintas negara. Tahu sendiri masuk ke Indonesia dibawa oleh kaum Tionghoa sekitar abad ke 10.

Namun, ada pendapat lain mengenai sejarah makanan yang sekarang sangat familiar di seluruh nusantara ini. Pada tahun 1292, Kaisar Mongol Kubilai Khan memerintahkan untuk menyerang Pulau Jawa tepatnya di Kediri.

Pada saat penyerang ke pulau jawa, pasukan Mongol membawa perbekalan salah satunya yakni Tahu. Oleh sebab itu, sejak saat itu Tahu mulai menyebar di Jawa hingga kemudian menjelma menjadi kuliner khas  Kota Kediri.

Ciri dari Tahu Kediri sendiri berwarna Kuning atau biasa disebut tahu poong.

Tak hanya itu, selain di Kediri, Tahu juga menyebar ke seluruh Indonesia dengan beragam variasi dan bermacam teknik pembuatannya.

Sehingga berkembangnya waktu, kini ada banyak jenis tahu di negeri ini diantaranya Tahu Pong Kediri, Tahu Sumedang, Tahu Sutra, hingga Tahu Bulat dan tahu jenis lainya.

Sampai sekarang Tahu menjadi makanan favorit masyarakat dari berbagai kalangan, baik dihidangkan secara langsung maupun dimasak dengan cara lain. (Tim/gw)

BERITA TERKAIT