Home Berita Peristiwa Nasional Kriminal Laka Pendidikan Pertanian Kabar warga Wisata Sitemaps Privacy policy About as
Facebook  Twitter  Instagram  Youtube

Thursday, November 26, 2020

Satu Gelas Kopi di Pagi Hari Bisa Menurunkan Stres dan Berat Badan

Gambar ilustrasi (pexels).
Gemawilis - Kopi merupakan minuman yang paling populer dan dekat dengan kehidupan masyarakat di Indonesia. Menikmati kopi memang bisa kapan saja, bisa pagi, siang, sore, atau malam hari. Cara menikmatinya pun bisa sesuka hati, rame - rame bersama teman atau bahkan saat sedang sendirian.


Hasil dari penelitian di University of Arkansas mengatakan, kafein yang terkandung pada kopi bisa meningkatkan konsentrasi dan kewaspadaan. Namun hal tersebut tidak akan berdampak secara langsung pada kreativitas seseorang.

Sementara penelitian lain menyebutkan, kopi tidak memiliki dampak terhadap kinerja otak, terlebih untuk memori pada otak manusia.

Namun, bukan berarti para pecinta kopi tidak mendapat manfaat dari menikmati kopi, mengonsumsi segelas kopi dengan rutin disaat pagi hari ternyata bisa memberi beberapa manfaat.

Salah satu manfaat mengkonsumsi kopi di pagi hari adalah menurunkan berat badan. Kopi bisa untuk menurunkan berat badan seseorang, namun dengan catatan kopi yang diminum adalah kopi hitam tanpa tambahan gula mau pun bahan pemanis lainnya. Karena Kafein yang ada pada kopi hitam menurut penelitian dapat memacu metabolisme tubuh, sehingga bisa membantu proses pembakaran lemak.

Selain itu disebutkan, rutin meminum segelas kopi di saat pagi hari juga dapat membantu terhindar dari stres dan depresi. Alasanya adalah, karena kopi mempunyai kandungan antidepresan dan bisa menjaga mood atau suasana hati lebih baik alias seimbang.

Stres memang tidak hanya bisa mengganggu aktivitas, namun juga bisa menurunkan produktivitas dan dapat berdampak buruk dalam jangka panjang, salah satunya dapat memicu depresi yang berujung pada penurunan kualitas hidup.

Kafein yang terdapat pasa kopi juga disebut mampu menjaga kesehatan otak dan memperlambat penurunan fungsi pada otak karena sebuah proses dari penuaan.

Tetapi tentunya, manfaat dari menkonsumsi kopi diatas bisa di dapat jika kita meminum kopi dengan sewajarnya dan tetap menjaga pola hidup sehat dalam keseharian kita. (gw/sum: kesehatan)