Home Berita Peristiwa Nasional Kriminal Laka Pendidikan Pertanian Kabar warga Wisata Sitemaps Privacy policy About as
Facebook  Twitter  Instagram  Youtube

Sunday, November 08, 2020

Dihantam Pandemi, Pengembangan Wisata Sanggrahan Desa Segulung Mandek

Wisata rintisan Sanggrahan Desa Segulung.
Gemawilis - Digadang-gadang akan menjadi wisata kebanggan Desa, wisata rintisan Logandeng Sanggrahan di desa Segulung terbenggalai pembangunannya.


Wisata Logandeng Sanggrahan atau lebih singkatnya Wisata Alam Pesanggrahan berada di ujung Desa Segulung, Dusun Bade, Kecamatan Dagangan, Madiun. 

Nampak terlihat beberapa tanaman bunga sudah ditanam di taman dan di sepanjang jalan mengarah ke wisata yang akan menjadi andalan desa Segulung ini.

Selain itu juga sudah ada bangunan pendopo, gazebo, dan kolam berukuran kecil untuk anak-anak dan beberapa spot tambahan lainnya untuk persiapan pengunjung yang datang ke Wisata Sanggrahan.

Namun bebrapa spot yang ada tesebut kini nampak sudah mulai tak terawat dan kelihatan kurang terurus. Menurut Pak Sunyoto Bumdes desa Segulung, saat kebetulan kami temui dilokasi wisata mengatakan kondisi tersebut dikarenakan pembangunan wisata itu saat ini tidak jalan akibat adanya Covid-19.

"Sebetulnya sudah ada konsep dan perencanaan pembangunan untuk Sanggrahan sebelum pandemi Covid-19. Tapi karena ada corona, sehingga kondisinya sekarang seperti ini, "ucapnya. Sabtu (7/11/2020) sore.

Padahal menurut Pak Sunyoto, rencananya nanti Sanggrahan akan ditembuskan ke wisata Watu Rumpuk Desa Mendak dengan jalur menerobos hutan. Sehingga para wisatawan baik dari arah Sanggrahan yang akan ke Wisata Watu Rumpuk atau arah sebaliknya bisa menikmati pesona keindahan alam pegunungan yang sejuk nan eksotis dengan mengedepankan lingkungan hijau khas pegunungan kawasan lereng Wilis.

Namun sayang, harapan itu harus tertunda untuk sementara, mengingat saat ini wisata yang dirintis oleh Pemdes Segulung tersebut nampak belum ada tanda-tanda kapan akan kembali di lakukan penataan ulang.

Lepas dari kapan akan dimulainya kembali pengembangan destinasi yang terletak di tanah milik desa itu, Sanggrahan sendiri mempunyai pemandangan alam yang sangat eksotis.

Terlihat meski saat ini masih terkesan apa adanya, namun saat tim media berkunjung kesana masih mendapati beberapa pengunjung yang masih berminat datang. Artinya, Wisata Sanggrahan masih mempunyai harapan baik, dan ada potensi menjadi salah satu tempat tujuan wisata di Kabupaten Madiun. (Tjr/gw)

BERITA TERKAIT