Home Berita Peristiwa Nasional Kriminal Laka Pendidikan Pertanian Kabar warga Wisata Sitemaps Privacy policy About as
Facebook  Twitter  Instagram  Youtube

Thursday, October 29, 2020

Hama Tikus Menyerang, Para Petani di Kabupaten Madiun Basmi Dengan Pengasapan

Petani basmi hama tikus dengan pengasapan bersama Jasamarga.
Gemawilis - Hama tikus, sejumlah petani di Kabupaten Madiun mengadakan pembasmian hewan pengerat di area persawahan yang ada di sekitar jalur tol Madiun. Kamis (29/10/2020).

Selama ini hama tikus telah meresahkan banyak petani padi yang mengakibatkan mereka merugi saat panen. Mulai dari cara gropyokan dan pemasangan jebakan sudah pernah dilakukan oleh petani setempat untuk membasmi hewan pengerat tersebut.

Pembasmian hama tikus kali ini bekerjasama dengan pihak Jasamarga Ngawi - Kertosono - Nganjuk dengan cara pengasapan ke lubang-lubang tempat persembunyian tikus disekitar jalan tol mulai dari Balerejo, Mejayan hingga Pilangkenceng, dan pemasangan pagupon burung hantu.

Direktur Utama PT JNK Arie Irianto, mengatakan dengan cara pengasapan langsung ke lubang tikus dirasa pembasmian hama pengerat itu akan lebih efektif.

"Kami identifikasi mulai dari Madiun sampai Caruban memang banyak hama tikus. Ini bentuk kepedulian kami sebagai badan usaha jalan tol yang melintasi wilayah Kabupaten Madiun terhadap keresahan petani akan hama tikus selama ini, "ungkapnya.

Selain melakukan pengasapan bersama, para petani juga mendapat bantuan pagupon burung hantu untuk ditempatkan di sejumlah titik persawahan yang ada di sekitar jalan tol.

Petani juga diizinkan memasuki kawasan sekitar jalan tol untuk membasmi hama tikus, namun sesuai dengan prosedur.

Sementara Kabid Holikultura Disperta Kabupaten Madiun menuturkan total luasan lahan pertanian sawah dikabupaten madiun yang berada disekitar jalan tol mempunyai luas sekitar 200 hektar. (Tim/gw)

BERITA TERKAIT