Home Berita Peristiwa Nasional Kriminal Laka Pendidikan Pertanian Kabar warga Wisata Sitemaps Privacy policy About as
Facebook  Twitter  Instagram  Youtube

Friday, October 09, 2020

Diduga Lahan Kebun Kopi Kandangan Dirusak Investor Porang, Komisi B DPRD Kabupaten Madiun Melakukan Sidak Kelokasi

Gambar kawasan Kebun Kopi Kandangan Kec. Kare, Madiun.
Gemawilis - Komisi B DPRD Kabupaten Madiun bersama Tim 9 melakukan sidak ke kebun Kopi Kandangan Desa Kare, Kec. Kare, Madiun. Kamis (8/10/2020). Inspeksi mendadak yang dilakukan oleh Anggota Dewan itu sebagai tindaklanjut aduan masyarakat terkait kerusakan lahan yang berada di kawasan kebun kopi tersebut.

Sebelumnya DPRD Kab. Madiun telah mendapat laporan dari masyarakat jika di daerah tersebut telah terjadi kerusakan lahan yang di akibatkan pembabatan liar yang diduga dilakukan oleh Investor.

Wahyu Hidayat, Ketua Komisi B DPRD Kab. Madiun mengatakan sidak dilakukan guna melihat seberapa parah kerusakan yang telah terjadi. Pihaknya akan segera mengundang beberapa pihak terkait untuk menyelesaikan masalah yang terjadi.

“kita melihat ada banyak kerusakan dan pembakaran lahan, dalam waktu dekat untuk menyelesaikan masalah kami akan memanggil ke dua belah pihak untuk mencari solusi. Karena semua sudah terjadi, "ungkap Wahyu.

Selain itu, ia juga meminta terkait pembabatan yang dilakukan untuk segera dihentikan terlebih dahulu sebelum menemukan solusi terbaik untuk semua pihak. Karena, jika hal tersebut diteruskan maka akan bertambah masalah baru.

Lebih lanjut Wahyu mengungkapkan pembukaan lahan untuk penanaman porang seperti isu yang berkembang, seharusnya tidak perlu sampai merusak hutan. Karena lahan yang akan digunakan merupakan bagian dari Cagar Alam yang ada di Jawa Timur.

Camat Kare, Tarnu Ashidiq saat dikonfirmasi mengatakan pihaknya selama ini belum mendapat laporan atau izin lisan maupun tertulis yang masuk ke kantor Kecamatan terkait pengalihan fungsi lahan maupun pembabatan hutan yang dilakukan pihak investor.

"Selama ini kami belum ada atau mendapat laporan atau izin dari pihak manapun terkait permasalahan itu. Di kecamatan Kare banyak destinasi wisata yang sedang bergerak dan berkembang. Kami berharap adanya solusi terbaik agar tidak ada konflik berkelanjutan kedepan, "ujar Camat Kare.
Diberitakan sebelumnya, pada Rabu (7/10), belasan warga dari lereng Gunung Wilis mengadu kepada anggota DPRD Kabupaten Madiun terkait adanya penebangan pohon di kawasan lahan perkebunan kandangan desa Kare, Kecamatan Kare Kabupaten Madiun.

Penebangan di lahan seluas 5 hektare itu terkait rencana penanaman porang oleh investor. Warga menuntut supaya penebangan pohon liar di kawasan Perkebunan Kandangan dihentikan karena selain merusak lingkungan juga bisa mengakibatkan banjir karena selama ini tumbuhan atau pohon dikawasan Kebun Kopi Kandangan berfungsi untuk menahan air disaat musim penghujan. (Tim/gw)

BERITA TERKAIT