Home Berita Peristiwa Nasional Kriminal Laka Pendidikan Pertanian Kabar warga Wisata Sitemaps Privacy policy About as
Facebook  Twitter  Instagram  Youtube

Tuesday, October 20, 2020

Bupati Madiun Temui Banyak Popok Bayi di Sungai, Surat Edaran Akan Segera di Terbitkan

Bupati Madiun telusuri sungai guna persiapan musim penghujan.
Gemawilis - Menghadapi kesiapan musim penghujan yang biasanya selalu mendatangkan musibah banjir di beberapa titik wilayah Kabupaten Madiun, Bupati Madiun H. Ahmad Dawami meninjau sungai yang biasanya menjadi sumber permasalahan banjir. Selasa (20/20).

Bupati Madiun menelusuri beberapa titik desa yang mempunyai jalur sungai yang selama ini selalu menjadi langganan banjir seperti Desa Sendangrejo, Dimong, Tempursari, Kebonagung, Glonggong, dan berakhir di pintu 12 Desa Balerejo.

Sepanjang penelusurannya, Bupati Madiun mengatakan masih menemukan banyak sampah yang dibuang oleh masyarakat ke sungai. Sampah yang paling banyak dibuang oleh warga di sungai adalah popok bayi sekali pakai.

"Masih banyak sampah rumah tangga yang saya temui. Kebanyakan popok bayi. Ini mungkin karena kurang kedisiplinan masyarakat, "kata Bupati.

Berdasarkan temuannya dilapangan tersebut, Bupati akan membuat regulasi tentang kedisiplinan masyarakat agar membuang sampah pada tempatnya.

"Kita akan mengkaji tekait TPS yang ada di desa, itu kewenangan desa atau pemerintah daerah, khusunya TPS di tempat-tempat umum, "ungkapnya.

Selain itu, Bupati juga akan segera menerbitka surat edaran agar seluruh desa melakukan kerja bhakti khusunya pembersihan sungai.

Terkait normalisasi sungai, Bupati mengaku bahwa Pemerintah Kabupaten Madiun sudah melakukan normalisasi sejak awal tahun hingga sekarang.

"Penanganan sampah memang harus dilakukan bersama-sama, baik itu Pemerintah Desa dan Pemerintah Daerah. Kita harus sudah siapkan semaksimal mungkin sejak dini agar bencana anjir seperti tahun-tahun kemarin tidak terulang lagi, "pungkas Bupati Madiun. (Tim/gw)

BERITA TERKAIT