Home Berita Peristiwa Nasional Kriminal Laka Pendidikan Pertanian Kabar warga Wisata Sitemaps Privacy policy About

Friday, October 9, 2020

Bobol Brankas Buat Beli Motor, Tiga Pelaku Diringkus Satreskrim Polres Madiun

Pelaku dihadiahi timah panas saat hendak kabur. (Fot: IMR)
Gemawilis - 
Diberitakan sebelumnya, tiga pelaku pembobol brankas milik CV Champion Jaya Sejahtera Cabang Madiun dengan cara menjebol tembok dan merusak brankas penyimpanan uang senilai 58 juta telah berhasil diringkus Satreskrim Polres Madiun.

Ketigan pelaku merupakan warga dari luar Kabupaten Madiun, yakni Imam Agus (41) warga Jl. Cempaka Kab. Lumajang, Kholiq (51) warga Catagayam Utara Kab. Jombang, dan Widodo (41) warga Kedung Cabe Kab. Sragen.

Tak butuh waktu lama, begitu mendapat laporan dari pihak CV. Champion Jaya Sejahtera Cabang Madiun pada tanggal (5/10) Polres Madiun langsung melakukan penyelidikan dan penyidikan dengan olah TKP kemudian memburu para komplotan pelaku.

Hasilnya, Satreskrim Polres Madiun hanya butuh waktu 19 jam atau kurang dari 24 jam untuk membekuk para pelaku. Kapolres Madiun AKBP Bagoes Wibisono mengatakan karena saat penangkapan pelaku berusaha kabur, tindakan tegas terukur dilakukan oleh petugas. Door, timah panas disarangkan di kaki ketiga komplotan curat (pencurian dalam pemberatan) tersebut.

"Kami ambil tindakan tegas dan terukur, kurang dari 24 jam, para pelaku diamankan di Kecamatan Mojowarno, Kabupaten Jombang, "terang AKBP Bagoes Wibisono saat pres release pada Rabu (7/10/2020).

Kapolres Madiun mengungkapkan, otak pencurian brankas adalah tersangka Imam Agus yang merupakan residivis yang baru keluar penjara dengan kasus yang sama. Sementara Kholiq dan Widodo berperan ikut dalam aksi tersebut.

Sebelum beraksi, Imam Agus yang merupakan otak pembobolan lebih dulu datang ke Madiun untuk survey target. Kemudian setelah mensurvey, Imam Agus menghubungi Kholiq dan Widodo. Ketiganya sepakat pada Minggu (4/10) sekitar pukul 18:30 wib, bertemu di terminal Purboyo Madiun.

Setelah bertemu di terminal Purboyo, ketiga pelaku dengan berjalan kaki langsung menuju lokasi target, yakni gudang CV Champion Jaya Sejahtera yang berada di sebelah utara terminal Purboyo.

Sampai di lokasi sasaran sekira pukul 20:30 wib, 5 menit sebelum beraksi, para tersangka mematikan CCTV yang ada di samping gudang. Setelah berhasil menjebol tembok gudang dengan linggis, ketiga tersangka kemudian menuju brankas dan langsung membongkar paksa brankas hingga rusak menggunakan betel dan mengambil uang tunai Rp 58 juta lebih.

Setelah dilakukan penangkapan, petugas hanya mengamankan sisa uang dari hasil kejahatan tersangka sekitar Rp 10 juta. Karena sebagian uang hasil membobol brankas tersebut sudah dibelikan motor yang dikirim kepada keluarga masing-masing tersangka.

"Uang hasil kejahatan dibagi masing-masing pelaku sebesar Rp 19 juta. Sisa Rp 1,3 juta digunakan untuk transportasi dan makan bersama. Tersangka dijerat dengan Pasal 363 dengan ancaman hukuman maksimal 9 tahun penjara, "ungkap AKBP Bagoes Wibisono. (IMR/gw)

Rekomendasi