Home Berita Peristiwa Nasional Kriminal Laka Pendidikan Pertanian Kabar warga Wisata Sitemaps Privacy policy About as
Facebook  Twitter  Instagram  Youtube

Saturday, September 26, 2020

Tak Malu Disebut Petani Itu Miskin dan Kucel, Buktinya Anak Kelas 3 STM asal Desa Kepel Ini Bisa Berhasil Mandiri

M Ali Ridwan tak malu menjadi petani meski
dirinya masih remaja, kini ia pun semakin percaya diri.
Gemawilis - Kegiatan bertani identik dengan kerja berat, lumpur, kucel, dan pendapatan yang kecil. Sehingga tak sedikit anak muda sekarang pada malas untuk menggeluti dunia pertanian. Namun, hal itu tidak berlaku bagi M Ali Ridwan, warga Dusun Gebuk Desa Kepel, Kecamatan Kare, Madiun.

Berbeda dengan anak muda seusianya, disaat rekan seusianya lebih tertarik berkecimpung di dunia industri dan teknologi pemuda asal desa Kepel yang masih duduk di bangku sekolah kelas 3 di STM 1 Madiun ini tak ragu memilih menjadi petani, bahkan memotivasi yang lain untuk tak lupa jati diri tanah kelahiran yang notabene agraris, Motivator Tani.

Pemuda nomor 2 dari 2 bersaudara ini mulai tertarik menjadi seorang petani ketika ia masih duduk di bangku kelas 1 STM. Berjalannya waktu, kini Ali Ridwan malah semakin mantap untuk menekuni pekerjaan yang oleh kalangan muda dianggap tidak keren tersebut.

"Karena kan memang sejak kecil hidup dari orang tua seorang petani, sejak kecil sering dibawa ke kebun, jadi ya kenapa meski malu. Petani kalau ditekuni hasilnya lumayan dan bisa kerja mandiri gak ikut orang, "terang Ali ditemui pada Sabtu (25/9/2020) sore.

Selain menanam sayuran, porang adalah andalan Ali saat ini. Bahkan setelah terjun menjadi petani Ali melihat banyak kenyataan jika di dunia bisnis pertanian banyak hasil yang bernilai tinggi semisal dari hasil panen porang, jual beli bibit ataupun yang sudah siap produksi.

Berkat ketekunannya di bidang pertanian, Ali kini sudah bisa mencukupi kebutuhannya sendiri, sudah bisa beli motor dan kebutuhan sekolahnya pun sudah tak pernah merepotkan kedua orang tuanya. Bahkan hasil dari ia bertani pun sudah bisa untuk membantu kedua orang tuanya dan saudara-saudaranya. (Dian P/Tjr/gw)

BERITA TERKAIT