Home Berita Peristiwa Nasional Kriminal Laka Pendidikan Pertanian Kabar warga Wisata Sitemaps Privacy policy About as
Facebook  Twitter  Instagram  Youtube

Monday, September 14, 2020

Siap-Siap Masuk Kota Madiun, Pilih Bayar Rp 75 Ribu Atau Pakai Masker

     Pelanggar Operasi Protokol Kesehatan (fot: istimewa)

Gemawilis - Uji coba Operasi Yustisi Pemerintah Kota Madiun dalam rangka Implementasi Peraturan Gubernur JawaTimur di laksanakan bersama Petugas Gabungan TNI-Polri. Senin (14/10/2020).

Kali ini Operasi Yustisi dilaksanakan di tempat fasilitas umum dan Jalan Pahlawan yang selanjutnya akan dilaksanakan juga di tempat-tempat yang terdapat banyak pelanggaran.

Wali Kota Madiun Maidi mengatakan Pemkot Madiun bersama Forkopimda turut menerapkan Perda Jatim No.2/2020 dan Pergub Jatim No.53/2020 yakni sanki administrasi bagi pelanggar protokol kesehatan.

"Uji coba sekitar satu jam dijalankan, petugas menjaring empat pelanggar. Artinya, dari sekian banyak pengguna mobil dan motor sudah banyak yang patuh protokol kesehatan. Saya harap, mulai besok dan seterusnya sudah nihil pelanggar protokol kesehatan, "jelas Walikota.

Namun besaran aturan yang dirapkan oleh Pemkot Madiun tidak seperti yang ditetapkan oleh Pemprov Jatim. Besaran denda disesuaikan dengan kemampuan masyarakat Kota Madiun. Bagi yang tidak membawa masker tapi tidak dipakai dikenakan denda Rp 50 ribu. Sementara bagi pelanggar yang tidak membawa dan tidak mengenakan masker akan dikenai denda sebesar Rp 75 ribu.

Namun demikian, Pemkot Madiun masih memberikan keringanan bagi para pelanggar yang tidak sanggup membayar denda administrasi. Warga diperbolehkan untuk membayar dengan sanksi sosial sesuai Perwal Nomor 39 Tahun 2020. Yakni, menyemprotkan fasilitas umum di sekitar Jalan Pahlawan dengan cairan disinfektan. (Tim/gw)

BERITA TERKAIT