Home Berita Peristiwa Nasional Kriminal Laka Pendidikan Pertanian Kabar warga Wisata Sitemaps Privacy policy About as
Facebook  Twitter  Instagram  Youtube

Sunday, September 06, 2020

Pengesahan Calon Warga Baru Ki Ageng Pandan Alas Tahun 1442 H/2020 Resmi Dibuka Oleh Ketua Umum KPA

Gemawilis - Tidak seperti tahun sebelumnya, dimana biasanya semua calon warga Ki Ageng Pandan Alas (KPA) dari seluruh nusantara dan dari luar negeri untuk di sahkan menjadi warga harus datang ke padepokan pusat. Dengan adanya pandemi Covid-19, maka acara tes calon warga baru KPA pada tahun 2020 ini terpaksa harus di laksanakan di daerah ranting masing-masing.

Hal tersebut seperti yang di katakan oleh Ketua Umum KPA Anang Kusuma, MKN.M.Si pada upacara pembukaan Pengesahan Warga baru Ki Ageng Pandan Alas di tanah lapang milik KPA, RT 02/01 Gondosuli, desa Kare Kec. Kare Madiun pada hari Minggu (6/9/2020) pagi.

"Acara rutin tidak bisa dilaksanakan seperti biasanya di karenakan wabah Covid-19, maka dilaksanakan di daerah ranting masing masing. Calon warga Ki Ageng Pandan Alas sudah sah menjadi warga Pandan Alas namun secara pengesahan akan di laksanakan tahun 2021, karena semua warga belum melaksanakan giat ritual Kungkum seperti tahun sebelumnya, "ungkap Ketua Umum KPA saat memberi sambutan.

Selain itu, Ketua Umum KPA juga menghimbau kepada seluruh calon warga KPA untuk ikut menjaga kondisi yang kondusif dimanapun berada terlebih disaat situasi pandemi Covid-19 seperti saat ini.

Hadir dalam acara tersebut diantaranya Sesepuh KPA Kustari AA, Pengurus Pusat KPA, Muspika Kare, Camat Kare Tarnu Ashidiq, Kapolsek Kare Iptu Suprapto SH dan tamu udangan lainnya.

Sementara untuk meminimalisir penyebaran Covid-19, calon warga KPA yang hadir untuk mengikuti tes di lapangan dan padepokan pusat KPA hanya berasal dari Sub Ranting setempat saja, diantaranya dari Sub Ranting desa Kare 39 orang, Morang 17, Cermo 18, Kepel 14, Bodag 4, dan dari Gemarang 17 orang.

Sedangkan pelaksanaan acara di laksanakan dengan memapatuhi protokol kesehatan. Pengamanan juga dilakukan secara tebuka dan tertutup oleh jajaran Polsek Kare di lokasi kegiatan pengesahan guna meminimalisir terjadinya gangguan Kamtibmas.

Kegiatan tes calon warga baru Ki Ageng Pandan Alas sendiri merupakan acara rutin tahunan yang dilaksanakan setiap bulan Muhharam sebagai media seleksi bagi siswa untuk mencapai tingkatan warga KPA.

Kegiatan ini juga memiliki peran penting sebagai wadah dan sarana untuk pembinaan serta pembentuk watak budi pekerti yang luhur bagi generasi muda dengan menjalin silahturohmi dan rasa persaudaraan perguruan.

Dengan dilaksanakannya upacara pembukaan tersebut maka kegiatan semu Tes Calon Warga Baru Ki Ageng Pandan Alas Tahun 1442 H/2020 secara resmi di buka. Sementara, untuk penutupan tes calon warga baru rencananya serentak akan di laksanakan pada 12 September 2020 mendatang. (PM/gw)