Home Berita Peristiwa Nasional Kriminal Laka Pendidikan Pertanian Kabar warga Wisata Sitemaps Privacy policy About

Friday, September 11, 2020

Dianggap Merintangi Penambangan Ketua RT Dimintai Keterangan di Kantor Polisi, Warga Ramai-Ramai Datangi Polsek

Sejumlah warga Winong mendatangi Polsek saat
Ketua RT dimintai keterangan di Mapolsek Gemarang.
Gemawilis - Sejumlah warga di desa Winong Kecamatan Gemarang mendatangi kantor Polisi Sektor Gemarang menyusul dengan adanya pemanggilan ketua rt mereka oleh pihak Polsek pada Jumat (11/10/2020) pagi.

Mengetahui ketua rt nya diundang ke Kantor Polisi karena telah dilaporkan oleh pihak penambang tanah, kurang lebih sekitar 40 warga dari dusun Gebangan dan dusun Doplang desa Winong Kecamatan Gemarang pun ikut mendatangi kantor Polsek Gemarang.

Kanit Reskrim Polsek Gemarang Iptu Agus Subinarto membenarkan jika kedatangan sejumlah warga dari 2 dusun tersebut ke Polsek Gemarang karena terkait undangan oleh pihak Polsek kepada Suwarno Ketua RT 05/02 lantaran adanya laporan dari pihak penambang tanah di dusun Gebangan.

"Jadi gini, hari Rabu kemarin kita menerima pengaduan dari pemilik tambang, pengaduan terkait adanya orang yang merintangi aktifitas tambang yang mempunyai izin. Kemudian kami melakulan pemanggilan saksi untuk klarifikasi kepada warga. Intinya seperti itu tadi, gak ada yang lain, "ungkap Kanit Reskrim.

Lebih lanjut Iptu Agus menerangkan, jika pemanggilan saudara Suwarno sebagai langkah awal untuk menanggapi sebuah laporan. Pihaknya belum bisa mengambil keputusan terkait status Suwarno sebagai terlapor karena masih dalam tahap mencari informasi awal.

"Baru introgasi kepada saksi, untuk mengetahui benar tidaknya sudah terjadi tindak pidana. Warga kita pertemukan tadi, kita kasih pemahaman bahwa proses dari penyelidikan dan penyidika itu punya tahapan. Kami sebagai Polisi melakukan hal ini berdasarkan adanya pengaduan dari saudara wilis, jadi initinya kami sebagai Polisi tetap bekerja sesuai peraturan dan undang-undang yang berlaku. Kami tidak memihak kepada penambang dan kepada masyarakat. Disaat kami menerima pengaduan atau laporan dari masyarakat kewajiban kami adalah mencari benar tidaknya kejadian tersebut, "papar Iptu Budi Subinarto.

Sementara, Suwarno sebagai terlapor usai menjalani pemeriksaan selama kurang lebih 3 jam mengatakan dirinya dimintai keterangan sebagai saksi terkait laporan dari pihak tambang jika dirinya bersama warga telah merintangi aktifitas tambang.

"Dimintai keterangan sebagai perwakilan masyarakat, karena pihak tambang menganggap kami sudah menghalangi aktifitas mereka, "kata ketua rt 05 itu.

Suwarno menambahkan alasan dirinya melakukan hal itu karena warga tidak setuju dengan adanya penambangan di lingkungan mereka. Keberadaan tambang tersebut menurut mereka mengganggu aktifitas yang selama ini mereka lakukan. Sawah, kebun, jalan dan juga saluran air bersih terkena imbas dari penambangan. 
"Warga ingin aktifitas penambangan di hentikan, karena menganggu lingkungan. Jalan rusak dan berdebu, jika musim hujan susah dilewati. Yang punya sawah dan kebun disekitar situ terkena imbasnya, pipa saluran air bersih juga sempat rusak, "terang Suwarno.

Usai menjalani introgasi di kantor Polisi Suwarno pun diperbolehkan untuk pulang dan menunggu proses selanjutnya. Warga yang ikut mendampingi Suwarno akirnya beramai-rami mengiringi ketua rt tersebut pulang kerumah dengan mengendarai sepeda motor. (Tjr/Wj/gw)


Rekomendasi