Home Berita Peristiwa Nasional Kriminal Laka Pendidikan Pertanian Kabar warga Wisata Sitemaps Privacy policy About as
Facebook  Twitter  Instagram  Youtube

Saturday, August 29, 2020

Tradisi Budaya Jamasan Pusaka Kyai Ageng Basyariah Desa Swulan Dagangan


        Anggota Polsek Dagangan beri pengamanan Jamasan (fot: polresmadiun)

gemawilis.com - Setiap tahun desa Sewulan selalu rutin menggelar tradisi unik kebudayaan. Tradisi budaya itu disebut Jamasan. Jamasan sendiri merupakan acara untuk membersihkan atau memandikan benda-benda keramat dan pusaka yang dimiliki oleh Kyai Ageng Basyariah.

Tradisi budaya Jamasan selalu rutin dilaksanakan pada bulan Suro pada penanggalan jawa. Sedangakan untuk jamasan pada tahun ini jatuh pada hari Jumat (28/8/2020).

Tradisi ritual desa Sewulan, Kecamatan Dagangan, Madiun itu dilaksanakan secara terbatas dan hanya dihadiri oleh perangkat desa setempat dan undangan tertentu saja.

Sementara untuk acara jamasan yang dibuka untuk umum dilaksanakan di Pendopo dalem Raden Soekoco Desa Sewulan dan dilaksanakan tetap dengan protokol kesehatan.

Giat acara budaya tersebut juga langsung dapat pengamanan dari jajaran Polsek Dagangan, tepat di Pendopo R. Soekoco. Pengamanan dilakukan dari anggota Sabhara, Reskrim dan Intel Polres Madiun.

Dikonfirmasi secara terpisah Kapolsek Dagangan Iptu Bambang Murjono mengatakan giat jamasan pusaka desa Sewulan rutin dilaksanakan setiap tahun sekali.

"Rutin setiap tahun, untuk menjaga pusaka dan nilai budaya leluhur. Namun karena sekarang dalam masa Covid-19, jadi agak beda penyelenggaraannya, "paparnya.

Selain itu, Kapolsek juga memerintahkan anggotanya untuk melaksanakan pengamanan kegiatan tersebut agar berjalan aman dan lancar. (Tim/gw)