Home Berita Peristiwa Nasional Kriminal Laka Pendidikan Pertanian Kabar warga Wisata Sitemaps Privacy policy About

Saturday, August 29, 2020

Masih Ada Waktu, Buruan Daftar yang Punya Usaha Biar Dapat Bantuan UMKM 2,4 Juta, Batas Akhir Senin


        Dok/fot: ilustrasi google.

gemawilis.com - Batas akhir pendaftaran bantuan Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) atau pendaftaran bantuan untuk pelaku UMKM akan ditutup, pada hari Senin (31/8/2020).

Sebelumnya, para pelaku UMKM dan Koperasi di seluruh Indonesia telah dipersilakan untuk mengajukan permohonan bantuan sebesar Rp 2,4 juta per orang.

Permohonan juga bisa didaftarkan secara online ke Kementerian Koperasi (Kemenkop) dan Usaha Kecil Menengah (UKM) RI. Bantuan tersebut diperuntukan bagi Pelaku UMKM yang berdampak wabah virus Corona.

Sebab, penyebaran virus Covid-19 asal China itu telah banyak menyebabkan usaha kecil tutup bahkan bangkrut akibat tidak adanya order atau pembeli.

Persyaratan yang harus dimasukkan saat pendaftaran antara lain nomor KTP, rekening bank yang saldonya tidak melebihi Rp 2 juta. Berikut lengkapnya syarat yang harus dipenuhi agar dapat bantuan tersebut:

1. Pelaku UMKM yang merupakan warga negara Indonesia (WNI) dan mempunyai Nomor Induk Kependudukan (NIK).

2. Memiliki Usaha Mikro yang dibuktikan dengan surat usulan calon penerima BPUM dari pengusul BPUM beserta lampirannya yang merupakan satu kesatuan, dan

3. Pelaku UMKM sedang tidak menerima kredit modal kerja dan investasi dari perbankan.

4. Bukan Aparatur Sipil Negara (ASN) atau Pegawai Negeri Sipil (PNS).

5. Pelaku UMKM bukan anggota TNI/Polri dan juga bukan pegawai BUMN/BUMD.

Adapun lembaga yang membidangi untuk mendapatkan bantuan 2,4 juta itu ialah Organisasi Perangkat Daerah yang membawahi Koperasi dan UKM, serta seluruh institusi yang memiliki jejaring dan stakeholder para UMKM atau dinas yang membidangi Koperasi dan UMKM Provinsi dan kabupaten/kota, koperasi yang telah disahkan sebagai badan hukum, Kementerian/Lembaga.

Buka Link Ini untuk Mendaftar: https://siapbersamakumkm.kemenkopukm.go.id/

Pengusul bantuan pemerintah lainnya antara lain perbankan dan perusahaan pembiayaan yang terdaftar di OJK, dan Lembaga Penyalur Program Kredit Pemerintah yang terdiri atas BUMN dan BLU.

Setelah itu, data yang telah dikumpulkan akan diverifikasi layak atau tidak menerima bantuan UMKM tersebut oleh Kementerian Koperasi dan UKM bersama Kemenkeu dan OJK. Jika pelaku UMKM benar-benar layak mendapatkan bantuan, dananya akan ditransfer langsung ke rekening masing-masing pelaku UMKM. (Tim/gw)

Rekomendasi