Home Berita Peristiwa Nasional Kriminal Laka Pendidikan Pertanian Kabar warga Wisata Sitemaps Privacy policy About as
Facebook  Twitter  Instagram  Youtube

Tuesday, October 20, 2020

Tengkorak Hitam yang Lagi Naik Daun, Alocasia

Gambar tanhias tengkorak hitam atau
alocasia cuprea yang lagi naik daun (fot: istimewa)
Gemawilis/Pertanian - 
Daun bagian luarnya memiliki pancaran mirip kilau logam dengan rona kemerahan perak ditambah ada tanda kombinasi warna hampir hitam tampak luarnya. Sangat dekoratif, cantik, menawan, dan menakjubkan. Ada kesan dramatis namun tetap kompak dan cocok untuk terarium.

Tanaman hias ini bernama Alocasia cuprea atau dengan nama lokalnya Keladi, namun ada juga yang menyebutnya dengan nama Tengkorak Hitam.

Ciri tanaman hias (tanhias) tengkorak hitam mempunyai daun berwarna mirip seperti tembaga dengan kombinasi warna merah pada bilik daunnya.

Saat ini, alocasia juga menjadi salah satu tanhias paling pavorit dan banyak digandrungi oleh para pecinta tanhias di nusantara. Sehingga banyak penggila tanhias saat ini yang sedang berlomba-lomba untuk mendapatkannya. Baik untuk koleksi pribadi maupun untuk dijual belikannya lagi.

Tak heran, jika saat ini tanaman yang masih satu keluarga dengan Aglaonema (sri rezeki), Caladium, dan Anthurium ini belakangan banyak beredar dan kerap terpajang di jejaring media sosial oleh para penggila tanhias.

Harga tengkorak hitam saat ini memang lagi meroket seiring boomingnya kembali tanaman hias jenis Anthurium pada akhir-akhir ini, namun dalam segi pemasarannya masih terjangkau. Karena belum masuk kategori tanaman langka.

Alocasia juga mempunyai daya tarik yang cukup memukau bagi para penggila tanhias, sebab tengkorak hitam jika di pandang atau dinikmati memang mempunyai pesona yang eksotik dan terkesan tidak murahan.

Tengkorak hitam termasuk tanaman dengan jumlah varian yang cukup banyak dan sangat mudah untuk dibudidayakan. Menurut catatan, jenisnya alocasia mencapai lebih dari 80 an jenis.

Jenis - jenis tengkorak hitam bahkan juga sudah tercatat didalam ensiklopedia Wikipedia. Karena sampai sekarang, menurut info dari para penggemar tanhias, penemuan spesies baru alocasia ternyata masih berlangsung, sehingga diprediksi spesiesnya akan terus bertambah. (Tim/Gw)