Home Berita Peristiwa Nasional Kriminal Laka Pendidikan Pertanian Kabar warga Wisata Sitemaps Privacy policy About
 

Tuesday, July 7, 2020

Selamatkan Tanaman Padi dari Serangan Hama Wereng, Poktan Nedyo Rahayu Desa Kresek Lakukan Penyemprotan Serentak

Warga kompak membasmi hama di tanaman padi
milik mereka, dengan bantuan PPL dan Pemdes Kresek.
Gemawilis.com - Meminimalisir serangan hama wereng terhadap tanaman padi, Petugas Penyuluh Lapangan (PPL) desa Kresek, Kecamatan Wungu, Madiun, melakukan pendampingan penyemprotan pembasmian hama wereng, di lahan pertanian milik warga Desa Kresek, pada Selasa (7/7/2020) pagi.

Penyemprotan tersebut dilaksanakan secara serentak oleh Kelompok Tani (poktan) Nedyo Rahayu di lokasi persawahan desa Kresek, 

Selain di ikuti oleh sekitar kurang lebih 40 petani yang tergabung dalam Poktan Nedyo Rahayu kegiatan tersebut juga di dampingi langsung oleh Dinas PPL desa Kresek Surono, Kordinator Kecamatan Herdiana, PPH Waluyo, Bendahara Poktan Agus Pujianto, dan Ketua Poktan Nedyo Rahayu Joko Supriyono.

Hal itu dilakukan agar hama wereng tidak akan berpindah ke sawah yang lain dan akan mati. Selain itu, kegiatan ini dilakukan untuk mengantisipasi meluasnya serangan hama demi menyelamatkan tanaman padi milik para petani.

“Kita tahu, hama wereng berkembangbiaknya sangat cepat dan apabila tidak segera dibasmi, akan merugikan para petani, ”terang Surono PPL desa Kresek saat mendampingi dan membantu kegiatan para petani setempat.

Pihak PPL desa Kresek dan Kelompok Tani Nedyo Rahayu menghimbau dan mengajak kepada para petani lainnya untuk melakukan penyemprotan secara serentak guna mengendalikan serangan hama.

"Jika penyemprotan dilakukan secara bersama-sama serentak dan terjadwal, maka hama wereng tidak akan berpindah kesawah yang lainya dan akan mati, hal ini tentu akan menyelamatkan tanaman padi milik petani, ”imbuh Ketua Poktan Nedyo Rahayu Joko Supriyono (Wss/gw)


Topik Lain