Home Berita Peristiwa Nasional Kriminal Laka Pendidikan Pertanian Kabar warga Wisata Sitemaps Privacy policy About
 

Thursday, July 23, 2020

Pesona 'JANDA BOLONG' Membuat Banyak Plant Lovers Larut Dalam Keindahannya

Janda Bolong atau monstera adansonii
motif daun hijau yang lagi naik daun (fot: istimewa)
Gemawilis - Bicara tanaman hias memang tak akan ada ujungnya, dan tentunya juga cukup menarik, mengingat tingginya antusias masyarakat urban pada saat ini yang melengkapi rumahnya dengan aneka tanaman.

Dari sekian banyaknya tanaman hias (tanhias) yang saat ini lagi booming di pasaran, ada satu nama yang sedikit menggelitik telinga ketika orang menyebutkan namanya yakni Janda Bolong.

Nama aslinya adalah monstera adansonii variegated dari family araceae. Salah satu tanaman tropical plants (tanaman kekinian) yang lagi diminati dan dicari oleh plant lovers dan plants collector karena keistimewaan variegated-nya.

Jangan berpikiran macam-macam (ngeres) dulu, tanaman ini disebut janda bolong karena tanaman satu ini memiliki motif daun yang khas. Penampakan daunnya yang bolong atau berlubang itulah sebabnya orang-orang menyebut tanaman ini dengan sebutan janda bolong.

lubang yang ada di daun tanaman ini disebabkan bukan karena penyakit atau serangan hama, tetapi benar-benar otentik. Karena unik dan mempunyai ciri khas bolong di daunnya inilah janda bolong mempunyai harga selangit.

Tidak hanya itu, varietas satu ini tergolong langka. Beberapa penggila tanaman hias bahkan ada yang mendapatkannya dari Jepang dan Thailand. Meski di Indonesia sendiri juga ada, namun beda jenis dan beda warna. Sebab ada dua jenis monstera yaitu adansonii dan epioremiodes.

Adansonii memiliki ciri khas daun lebih oval, warna hijau tua dan bolongnya lebih kecil. Sedangkan, epipremiodes bercorak daun panjang, warna daun hijau muda dan bolong daunnya lebih banyak dan besar. (Tim/gw)

Topik Lain